Mohon tunggu...
Mas Sam
Mas Sam Mohon Tunggu... Guru - Guru

Membaca tulisan, menulis bacaan !

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Anakku Ingin Berguru Ajian Jaran Goyang

12 Oktober 2020   19:51 Diperbarui: 12 Oktober 2020   19:55 323
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Aku ketawa saja. Bayangkan, anakku yang baru sekolah SMP kepingin berguru ajian jaran goyang.

"Pak di mana aku bisa berguru ajian jaran goyang", katanya pagi tadi. Namanya juga masih anak-anak. Kemarin baru saja minta diajari mantra ajian banaspati, sekarang pengin belajar ajian jaran goyang.

"Emang kenapa kamu harus berguru ajain jaran goyang", tanyaku menyelidik. "Itu ajian khusus untuk orang dewasa", kataku mencoba menjelaskannya.

Aku semakin tertawa-tawa demi mendengar alasannya, "Di sekolah kan ada guru pindahan cantik sekali pak."

"Terus apa hubungannya ?", tanyaku.

"Ya aku pengin bu guru itu selalu perhatian sama aku."

"Ya nggak bisa begitu. Kan banyak muris yang harus diperhatikan", aku mencoba memberinya pemahaman. 

Kalau kamu belajar dengan baik. Nilai bagus pasti bu guru itu akan memperhatikan kami. Jadi nggak boleh kamu memaksa ibu guru itu untuk memperhatikan kamu secara istimewa. Guru itu kan harus membimbing semua murinya bukan hanya kamu seorang, aku mencoba memberi pengertian kepadanya.

                       **

Aku jadi penasaran kenapa anakku begitu tertarik kepada guru barunya. Apakah dia cantik seperti selebritis ? Atau secantik dewi dari kahyangan ?

Pas anakku belajar secara video komferensi aku sengaja mengintip. Aku pura -pura menanyakan apakah dia bisa mengikuti pelajaran dengan guru barunya itu. Sepintas aku melirik ke layar monitor di laptop.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun