Mohon tunggu...
Masrukhatun Najwa Azkia
Masrukhatun Najwa Azkia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Implikasi ASEAN 2023 dengan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

14 September 2023   23:16 Diperbarui: 14 September 2023   23:23 235
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
http://asean2023.id/

Asia Tenggara merupakan lokasi yang strategis, sehingga beberapa negara di kawasan ini menjadi basis bersama baik bagi Timur maupun Barat, seperti  Vietnam dan Filipina. Selain itu, konflik militer juga terjadi di negara lain seperti Laos, Vietnam, dan Kamboja. Ada juga konflik bilateral  antara Indonesia dan Malaysia, serta Kamboja dan Vietnam. Permasalahan ini berdampak pada  pertahanan dan stabilitas ekonomi  negara-negara Asia Tenggara. Terakhir, beberapa pemimpin secara proaktif menciptakan suasana aman dan damai di Asia Tenggara dengan mendirikan ASEAN.  ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations, sebuah organisasi ekonomi dan geopolitik yang didedikasikan untuk negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Sejarah berdirinya ASEAN diawali dengan adanya beberapa persamaan antara negara-negara pendirinya dengan konflik-konflik yang terjadi pada saat itu.

Konflik-konflik yang pecah saat ini di sejumlah negara di Asia Tenggara  menjadi cikal bakal terbentuknya ASEAN. Selain  konflik dan perselisihan, terdapat juga beberapa konteks atau faktor yang menentukan kerja sama antar negara ASEAN, yaitu kesamaan geografis, kesamaan budaya, kesamaan kepentingan, dan kesamaan nasib.

Tahun ini, Indonesia mengemban peran sebagai ASEAN Chair 2023 dengan mengusung tema "ASEAN Matters Epicentrum of Growth" Dengan tema tersebut, Indonesia ingin menunjukkan dan selalu yakin bahwa ASEAN cocok dan menempati posisi strategis sebagai pusat pertumbuhan, kemajuan, dan kesejahteraan dalam seluruh aspek kehidupan masyarakat ASEAN dan dunia. Republik Indonesia, 2022). Artikel ini menjelaskan berbagai tantangan yang sedang dan akan dihadapi Indonesia sebagai Ketua ASEAN dan ASEAN pada tahun 2023.

Dalam (Nurkholis, 2016) disebutkan bahwa Indonesia ingin menjadikan ASEAN sebagai kawasan penting yang  berperan sentral sebagai agen perdamaian dan kesejahteraan kawasan. Selain itu, Indonesia juga ingin menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi regional dan global. Pada dasarnya pembentukan ASEAN bertujuan untuk mewujudkan kawasan Asia Tenggara dalam suasana persahabatan, kemakmuran, dan perdamaian. Yang lebih penting lagi secara politis, ASEAN menampilkan dirinya sebagai organisasi yang menghormati dan berkomitmen untuk melindungi hak asasi manusia  dan nilai-nilai demokrasi.

Suatu bentuk kerjasama antar negara anggota ASEAN yang berkaitan dengan bidang pendidikan. Salah satu tujuan kerjasama antar negara ASEAN di bidang pendidikan  adalah untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Hal ini sejalan dengan tujuan ASEAN yang dikutip dalam situs resminya, yaitu mendorong pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan budaya di kawasan. Tujuan ini dicapai melalui upaya bersama dalam semangat kesetaraan dan kerja sama untuk memperkuat landasan komunitas negara-negara Asia Tenggara yang sejahtera dan damai. Sesuai Rencana Kerja Pendidikan ASEAN  2016-2020, ASEAN memiliki 70 kegiatan kerja sama  di bidang pendidikan. Seluruh kegiatan tersebut diciptakan untuk mendukung tujuan ASEAN dalam meningkatkan pendidikan dan daya saing Asia Tenggara di kancah internasional. Kegiatan tersebut antara lain meningkatkan keterampilan guru, meningkatkan jumlah program pertukaran pelajar, mengembangkan materi pendidikan perdamaian bersama dalam bahasa lokal untuk sekolah-sekolah  ASEAN, dan meningkatkan aksesibilitas universitas berkualitas, pendidikan karir, peningkatan pendidikan tinggi dan  banyak lagi.

ASEAN bertujuan untuk meningkatkan kerja sama ekonomi, politik, sosial, budaya dan pendidikan di antara negara-negara anggota. Indonesia mempunyai peran  penting dalam ASEAN (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) dan merupakan salah satu anggota pendiri organisasi ini. Sebagai negara terbesar dan terpadat penduduknya di ASEAN, Indonesia mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan di kawasan, khususnya di bidang pendidikan.

Jika bicara ASEAN, tentu saja Indonesia sudah mengintegrasikan mata pelajaran di sana, yaitu ilmu-ilmu sosial. Pendidikan IPS di sekolah dasar merupakan salah satu mata pelajaran yang membantu siswa  memahami konsep dasar ilmu sosial terkait isu-isu  ASEAN, selain  membantu siswa  mengembangkan keterampilan  yang diperlukan untuk terlibat dengan  beragam komunitas. secara  etnis, agama, dan bahasa.

Selain itu, mempelajari mata pelajaran sosial juga dapat menumbuhkan sikap dan nilai-nilai sosial yang mendukung  perdamaian, kerja sama, toleransi, dan solidaritas antar negara anggota ASEAN.

Pembelajaran ilmu pengetahuan sosial  di sekolah dasar juga berperan penting dalam mengenalkan siswa pada keragaman budaya, geografis, dan sejarah  kawasan ASEAN (Association of Southeast  Nations). Pembelajaran IPS di sekolah dasar dapat mencerminkan konteks kekinian dan memberikan pemahaman yang tepat bagi siswa dengan menerapkan metode dan pendekatan  yang tepat. Mempelajari mata pelajaran IPS yang mencerminkan konteks masa kini tidak hanya memberikan pemahaman yang relevan kepada siswa tetapi juga membantu mereka mengembangkan kemampuan berpikir kritis, analitis, dan sosial yang  penting dalam kehidupan.Dunia yang selalu berubah ini. Hal ini juga mempersiapkan mereka untuk menjadi warga negara yang aktif dan berkontribusi pada masyarakat global. Memperkenalkan budaya ASEAN ke sekolah dasar merupakan langkah penting untuk meningkatkan kesadaran akan kawasan ini di kalangan generasi muda. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang ASEAN dan keragaman budayanya, generasi muda akan menjadi agen perubahan yang lebih baik dalam mendorong kerja sama dan perdamaian di Asia Tenggara. Dengan menerapkan metode pengajaran yang inovatif dan inklusif, kami dapat membantu membangun masa depan yang lebih baik bagi kawasan ini melalui generasi muda ASEAN yang terdidik dan sadar akan budaya.

Pengetahuan ilmu-ilmu sosial Asia Tenggara yang dijelaskan pada tingkat dasar diberikan pada tahun keenam, khususnya pada semester pertama, khususnya pengetahuan geografi Asia Tenggara dan asosiasi kondisi sosial daerah ini. Pada semester kedua pengetahuan tentang Asia Tenggara meliputi kondisi geografis yang memberikan pengetahuan tentang fenomena alam dan pengetahuan tentang ASEAN sebagai  organisasi regional. Berbeda dari program sebelumnya, pada program baru ini pengetahuan tentang ASEAN dimasukkan dalam tema era globalisasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun