Mohon tunggu...
Masrarudin
Masrarudin Mohon Tunggu... Guru - Guru

Bermain musik dan traveling

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Melalui Pembuatan Peta Timbul dengan Memanfaatkan Limbah Kertas di Sekolah

14 Desember 2022   06:05 Diperbarui: 14 Desember 2022   06:16 885
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

DESKRIPSI SINGKAT

           

Pembelajaran merupakan suatu upaya guru untuk membantu siswa  mengembangkan  potensi  intelektualnya  agar berkembang secara optimal. siswa mampu meningkatkan interaksi dengan lingkungannya, sehingga siswa mampu membangun pemahaman dan pengetahuannya terhadap dunia disekitarnya. 

Seperti yang kita ketahui, pembelajaran IPS kurang, bahkan tidak pernah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan inkuiri yang menuntut peserta didik aktif, kreatif, dan kritis, sehingga kemampuan nalar siswa tidak berkembang. 

Diperkirakan kondisi tersebut menyebabkan siswa menjadi pasif, hal ini nampak ketika pembelajaran IPS berlangsung,  masih dijumpai kebanyakan siswa, tidak menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, siswa lebih banyak diam saja. 

Pada saat guru menyampaikan informasi,   sebagian siswa bercanda sendiri dengan temannya, diduga hal ini terjadi antara lain disebabkan oleh karena kebiasaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru berpusat pada guru, dan pembelajaran yang monoton.

Dengan adanya masalah tersebut, kegiatan yang telah penulis susun diharapkan dapat berdampak pada kreatif, aktif dan pola pikir kritis siswa. Adapun judul Penilitian Tindakan kelas  yang akan penulis lakukan adalah “Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata pelajaran IPS Dengan Berbasis Lingkungan” yang terdiri dari tiga kegiatan yaitu, menyusun rancangan pembelajaran, melaksanakan kegiatan belajar mengajar, dan melaksanakan kegiatan pembelajaran berbasis lingkungan.

Dampak  yang  muncul  dari kegiatan pembelajaran berbasis lingkungan tersebut adalah siswa menjadi terbiasa untuk aktif sehingga dapat berfikir kritis dan kreatif, terbiasa berpendapat apalagi untuk mengajukan pertanyaan sehingga manfaat yang didapatkan dari pelaksanaan aktualisasi ini adalah meningkatnya kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS.

Kata kunci: meningkatkan kreativitas,pembelajaran berbasis lingkungan

Berikut tahapan-tahapan dan output dari kegiatan aktualisasi di SMP Negeri 1 Nunukan Selatan dalam rangka mengatasi isu yang diangkat.

Kegiatan pertama : Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun