Mohon tunggu...
Muhammad Fithrah Fanani
Muhammad Fithrah Fanani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Saya adalah seorang yang suka membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Copywriting dalam Masa Genting

7 Oktober 2023   19:45 Diperbarui: 7 Oktober 2023   19:49 96
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Konten digital (digital content) adalah setiap bentuk informasi atau materi yang disampaikan melalui media digital, seperti internet, perangkat seluler, atau media penyimpanan digital lainnya. Konten ini dapat berupa teks, gambar, audio, video, atau kombinasi dari semuanya. Konten digital dapat diakses, didistribusikan, dan dikonsumsi melalui berbagai perangkat dan platform digital.

Berikut beberapa contoh jenis konten digital seperti Artikel, blog post, tweet, status media sosial, dan pesan teks adalah contoh-contoh konten digital berbasis teks. Konten teks sering digunakan dalam pemasaran online, penulisan berita, dan komunikasi sehari-hari (Efrina, 2020).

Di era Globalisasi ini, Copywriting menjadi hal yang sangat ampuh dalam iklan. Copywriting memiliki manfaat seperti(Kurniawati et al., 2019):

  • Meningkatkan Nilai Merek : Copywriting yang efektif dapat membantu meningkatkan nilai merek dengan menciptakan pesan yang kuat, positif, dan konsisten tentang merek tersebut. Hal ini dapat membantu meningkatkan kepercayaan dan loyalitas konsumen.
  • Menyampaikan Nilai Merek : Copywriting juga berperan dalam menj
  • Penulisan Merek : Copywriting harus menciptakan citra
  • Menjangkau Target Audiens : Copywriting yang efektif juga
  • Konsistensi Branding : Konsistensi dalam pesan

Copywriting menjadi hal yang penting dalam hal pemasaran. Tanpa adanya copywriting, maka pemasaran akan kurang dalam hal persaingan produk (Amin Al Hafidzi et al., 2023).

Daftar Pustaka

Amin Al Hafidzi, N., Fajar Rosalina, I., Hidayati, Y., Hesti, S., Nurjanah, A., Komunikasi, I., & Bahasa Dan, F. (2023). PENERAPAN COPY WRITING DALAM MEMAKSIMALKAN DIGITAL MARKETING BAGI SISWA/I PKBM TANDA GENAP DI KECAMATAN CIRACAS JAKARTA TIMUR. Communnity Development Journal, 4(4). https://www.awai.com/what-is-copywriting/

Efrina. (2020). REVISI Tugas Digital Content -. http://repository.untag-sby.ac.id/7441/1/REVISI%20Tugas%20Digital%20Content%20-%20EFRINA%20A.%20A.%201151700122.pdf

Kurniawati, D., Waluyo Politeknik Negeri Jakarta Jl ProfDRGA Siwabessy, Y. S., Depok, K., & Barat, J. (2019). Pelatihan Teknik Copy Writing dalam Bahasa Inggris Menggunakan Aplikasi CANVA untukPengusaha Micro yang Tergabung dalam WOOBIZ. In Pelatihan Teknik Copy Writing... Mitra Akademia (Vol. 2, Issue 2).

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun