Mohon tunggu...
Masni
Masni Mohon Tunggu... Guru - guru

hobi saya membaca, jalan-jalan, kuliner

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penerapan Budaya Positif untuk Menumbuhkan Karakter Siswa

5 Juni 2024   13:54 Diperbarui: 5 Juni 2024   13:57 92
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diseminasi materi budaya positif dengan teman sejawat (Dok. pribadi)

AKSI NYATA BUDAYA POSITIF

PENERAPAN BUDAYA POSITIF UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER SISWA

Oleh : MASNI,S.Pd / CGP 10.116 SULSEL

1. LATAR BELAKANG

Penerapan budaya positif dilingkungan sekolah dapat memberikan dampak positif kepada siswa yaitu dapat membentuk karakter yang nantinya akan bermanfaat bagi siswa itu sendiri.Budaya positif merupakan keyakinan-keyakinan dan kebiasaan kebiasaan disekolah yang berpihak pada murid. Dalam mengimplementasikan budaya positif disekolah saya, langkah awal yang saya lakukan adalah dengan terlebih dahulu memberikan pemahaman tentang konsep budaya positif dilingkungan sekolah oleh semua warga sekolah. Penerapan budaya positif di lingkungan kelas yaitu saya menerapkan keyakinan kelas dimana terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada siswa kemudian menfasilitasi siswa dalam membuat keyakinan kelas yang telah disepakati bersama.Kemudian implementasi terkait posisi kontrol guru yaitu dengan berusaha memposisikan diri sebagai pemantau atau manager serta menerapkan restitusi dalam menyelesaikan permasalahan siswa.

2. TUJUAN

  • Dapat mensosialisasikan pemahaman budaya positif dilingkungan sekolah
  • Dapat menumbuhkan budaya positif dilingkungan sekolah dengan mewujudkan kelas  yang menerapkan keyakinan kelas
  • Dapat memposisikan diri dalam posisi kontrol  guru yang tepat
  • Melaksanakan segitiga restitusi untuk memecahkan persoalan yang dihadapi oleh siswa.

3. TOLAK UKUR

  • Terlaksananya kegiatan diseminasi pemahaman budaya positif dilingkungan sekolah
  • Terlaksananya kelas yang menerapkan budaya positif dengan melaksanakan keyakinan kelas
  • Terlaksananya penerapan segitiga restitusi yang dilakukan oleh guru.

4. LINIMASA TINDAKAN YANG DILAKUKAN

  • Meminta izin kepada Kepala Sekolah dan mengundang teman sejawat untuk melakukan desiminasi terkait materi budaya positif.
  • Melakukan sosialisasi kepada siswa terkait pentingnya budaya positif dilingkungan sekolah serta Melaksanakan dengan menfasilitasi pembuatan keyakinan kelas yang nantinya disosialisasikan ke seluruh warga sekolah.
  • Melaksanakan restitusi terhadap siswa yang melakukan pelanggaran atau permasalahan.
  • Mendokumentasikan kegiatan-kegiatan yang dapat menumbuhkan budaya positif dilingkungan sekolah

5. DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN

Dukungan berupa partisipasi dari seluruh warga  terutama pimpinan dan rekan sejawat di sekolah maupun dari orang tua siswa untuk menumbuhkan budaya positif di rumah.

6. DOKUMENTASI KEGIATAN

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun