Mohon tunggu...
Masilatul Khoiroh
Masilatul Khoiroh Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa UIN syarif Hidayatullah

Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah, Falkutas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Prodi Manajemen Dakwah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Filsafat Dakwah dan Pendidikan Islam

10 Desember 2024   22:16 Diperbarui: 10 Desember 2024   22:16 23
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

A. Integrasi filsafat dakwah dalam kurikulum pendidikan islam

 Filsafat dakwah merupakan pendekatan yang menekankan pentingnya penyebaran dan pengalaman ajaran islam dalam kehidupan sehari-hari. Dalam konteks pendidikan, dakwah tidak hanya berarti menyampaikan ajaran agama, tetapi juga menginternalisasi nilai-nilai islam dalam proses belajar mengajar. Integrasi filsafat dakwah dalam kurikulum merupakan proses yang melibatkan pencantuman nilai-nilai keislaman ke dalam mata pelajaran dan metode pengajaran, sehingga siswa dapat memahami dan menerapkan ajaran islam dalam konteks ilmu pengetahuan social mereka. Berikut beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengintegrasikan filsafat dakwah dalam kurikulum pendidikan islam :

  • Metode pembelajaran berbasis nilai                                                                                                                                                                                               Metode ini berfokus pada penanaman dan pengembangan nilai-nilai dalam diri peserta didik. Dalam konteks pendidikan islam, nilai-nilai yang diintegrasikan mencakup akhlak, kejujuran dan kepedulian social.
  • Metode diskusi dan dialog                                                                                                                                                                                                                 Metode ini melibatkan interaksi aktif antara guru dan siswa, dimana siswa didorong untuk mengemukakan pendapat dan berdiskusi mengenai isu-isu dakwah.
  • Metode proyek                                                                                                                                                                                                                                            Melalui metode proyek, siswa terlibat dalam kegiatan nyata yang berkaitan dengan dakwah, memungkinkan mereka untuk menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam konteks praktis.
  • Metode pembelajaran aktif                                                                                                                                                                                                           Metode ini melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran melalui aktivitas interaktif yang mendorong partisipasi aktif.
  • Metode refleksi                                                                                                                                                                                                                                   Metode ini mengajak siswa untuk merenungkan pengalaman belajar mereka dan bagaimana nilai-nilai dakwah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Metode interdisipliner                                                                                                                                                                                                                      Metode ini mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu dengan fokus pada nilai-nilai dakwah, sehingga siswa mendapatkan pemahaman yang leih holistic.
  • Metode pembelajaran berbasis masalah                                                                                                                                                                                          Metode ini menghadapkan siswa pada masalah nyata yang berkaitan dengan dakwah dan meminta mereka mencari solusi, mendorong keterampilan pemecahan masalah.

Dengan menggunakan metode-metode ini secara efektif dalam kurikulum pendidikan islam, peserta didik tidak hanya memperoleh pengetahuan akademis tetapi juga menerapkan nilai-nilai dakwah yang akan membentuk karakter mereka sebagai individu yang berakhlak mulia dan bertanggung jawab social.

B. Peran dakwah dalam pembentukan kurikulum pendidikan dan metodologi pengajaran

          Dakwah memiliki peran strategis dalam membentuk kurikulum pendidikan dan metodologi pengajaran. Kurikulum berbasis dakwah dirancang untuk menciptakan manusia yang memiliki keseimbangan antara ilmu pengetahuan, keterampilan dan akhlak mulia. Dalam hal ini, dakwah tidak hanya menyampaikan pesan keagamaan tetapi juga berfungsi sebagai pembentuk nilai-nilai dasar yang menjadi landasan pendidikan. Dakwah juga memiliki beberapa peran dalam pendidikan yaitu sebagai beikut :

  • Pembentukan nilai dasar                                                                                                                                                                                                         Dakwah berperan sebagai sarana untuk menyisipkan nilai-nilai keislaman dalam setiap aspek kurikulum.
  • Integrasi ilmu agama dan umum                                                                                                                                                                                           Dakwah mendorong pengintgrasian ilmu agama dan ilmu umum agar tidak terjadi dikotomi pendidikan.
  • Pembentukan tujuan pendidikan                                                                                                                                                                                                     Kurikulum yang berdasarkan dakwah dirancang untuk menciptakan individu yang seimbang antara aspek spiritual, intelektual dan social.

Metodologi pengajaran yang efektif juga sangat dipengaruhi oleh pendekatan dakwah. Dalam proses pengajaran, dakwah memberikan landasan untuk menggunakan metode yang memadukan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.

  • Metode persuasive                                                                                                                                                                                                                                     Metode ini menekankan pendekatan lembut dalam menyampaikan materi, sebagaimana diajarkan rasulullah SAW dalam berdakwah
  • Metode dialogis                                                                                                                                                                                                                             Dakwah mendorong penggunaan metode dialog atau diskusi yang melibatkan siswa secara aktif.
  • Metode keteladanan                                                                                                                                                                                                                        Sebagaimana dinyatakan oleh Al-Ghazali, pengajaran yang efektif adalah dengan memberikan contoh nyata kepada siswa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun