SEO dan SEM merupakan 'teknik' dalam mengoptimalkan posisi pada mesin pencarian.
Berbicara mengenai SEO dan SEM berarti tidak jauh-jauh dari dunia kepenulisan online. Sebab, ranah keduanya ini berada di jejaring internet.
Sebenarnya SEO dan SEM ini bagaikan kaka-beradik, konsepnya hampir sama persis meski ada sedikit perbedaan.
Search Engine Optimization (SEO)
Search Engine Optimization biasanya lebih dikenal masyarakat dengan sebutan SEO. Teori ini menjelaskan tentang bagaimana pengoptimalan kata kunci dalam tulisan. Hal tersebut dilakukan agar posisi artikel menjadi yang teratas dalam mesin pencarian layaknya Google dan Yahoo.
Alhasil dengan 'nangkringnya' artikel di atas pun akan membuat si pencari lebih tertarik membuka artikelnya. Sebab, 90% masyarakat diyakini akan membuka artikel yang berada di halaman pertama mesin pencarian.
Penggunaan SEO ini tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. Penulis cukup memainkan kata kunci saja. Sederhana, kata itu hanya perlu disajikan berulang kali.
Guna mendapatkan hasil menunjang lebih baik, maka setiap artikel harus mencatatakan kata yang kira-kira akan menjadi bahan pencarian masyarakat. Sehingga, ketika masyarakat 'mengklik' di mesin pencarian, artikel itulah yang akan berada di halaman pertama.
"Kata apa yang biasa digunakan untuk melacak di mesin pencarian itu adalah kata kuncinya."
Search Engine Marketing (SEM)
Konsep SEM sama persis dengan SEO, yaitu untuk 'menangkringkan' artikel di halaman pertama mesin pencarian. Hanya saja, SEM ini sifatnya ialah berbayar, berbeda dengan saudaranya itu.