Saat ini  pemakaian Media  Sosial sebagai sarana memperkenalkan Produk  menjadi hal Lumrah. Tidak hanya produk, bahkan hampir seluruh pengguna internet menggunakan media sosial untuk mem "Viral" an dirinya. Mulai dari Celebrities, Politikus, olahragawan, musisi, seniman, guru, dosen bahkan sampai orang biasa menggunakan media sosial untuk memperkenalkan dirinya. Media Sosial menjadi panggung bagi semua orang untuk berekspresi.
Indonesia sebagai negara yang mempunyai penduduk terbesar ketiga di dunia mempunyai pengguna internet yang cukup besar. Menurut Survet Asosiasi Penyedia Jasa Layanan Internet Indonesia (APJII)bahwa di Tahun 2022-2023 jumlah pengguna internet diIndonesia sebanyak 215,63 juta jiwa atau setara 78,19%  dari populasi penduduk Indonesia. Meningkat 2,67% dibanding periode  sebelumnya 210,03 juta jiwa.Selanjutnya Laporan dari We Are Social jumlah pengguna aktif Media Social di Indonesia sebanyak 167 juta orang pada tahun 2023.Â
Jumlah tersebut setara 60,4% dari populasi penduduk Indonesia.Sedangkan waktu yang digunakan untuk bermain media sosial , menurut Laporan We Are Social  menghabiskan waktu rata rata 3 jam18 menit setiap harinya. Durasi tersebut tertinggi kesepuluh di dunia. Sedangkan untuk penggunaan internet  orang indonesia menggunakan waktunya rata rata 7 jam 42 menit setiap harinya.
Dari 167 juta penggunan aktif media sosial menurut Laporan We Are Social lagi, maka pengguna Platform WhatsApp sebanyak 88,7%, pengguna P;atform Instagram sebanyak 84,8%, pengguna Platform Facebook  81,3 %, Tiktok sebanyak 63,4% dan Telegram sebanyak 62,8%.
Fungsi Media Sosial
Tingginya pengguna media sosial dengan penggunaan durasi waktu tang cukup panjang, yaitu 3 jam 42 menit setiap harinya menjadibahan pertanyaan lain yang cukup menggeletiak. Banyak hal Fungsi media sosial bagi penggunanya. Terlepasa dari hal plus minus yang ditimbulkan. Media Sosial merupakan Platform yang menghubungkan kita dengan orang lain dan bisnis lain. Tujuan media sosial adalah menemukan hal hal yang kita minati, membagikan pemikiran dan ide yang kita minati ke orang lain, dan mempelajari lebih lanjut dunia yang ada di sekitar kita.Â
Media Sosial dapat digunakan untuk tujuan lain , diantaranya :
- Bernagi informasi tentang diri , bisnis atau karya kita
- Menciptakan koneksi antara orang orang yang punya minat atau hobi yang sama
- Membantu orang menemukan bisnis lokal atau sumber daya yang lain
- Membantu akses informasi peristiwa yang terjadi di lokasi sekitar kita atau yang berda di belahan dunia lain
Media Sosial dan Informasi Pribadai
Dengan Hasil Survey yang sudah ada kita paparkan, tentunya penggunaan Media Sosial menjadi hal arus utama dalam menyediaan arus informasai yang utama. Hampir semua orang memiliki platform media sosial. Berbagai kontenpun diunggah, mulai dari kegiatan kantor, kegiatan sekolah, produk atau karya bahkan sampai informasi pribadi. Banyaknya hal yang diunggah membuat data pribadi kita tersebaqr luar dan dan dimanfatkan oleh orang lain. Untuk itu ada beberapa langkah untuk menjaga data kerahasiaan pribadi di Media Sosial.
1. Go Private
Salah satu untuk menaggulangi kebocoran pribadi adalah mengaktifkan modr 'ptivate' Ini akan membuat kita yakin bahwa unggahan kita dilihat hanya oleh orang orang tertentu. Memproteksi akun media sosial mengurangi interaksi dengan akun lain yang tidak kita kenal. Kita berinteraksi dengan orang orang yang kita kenal.