Mohon tunggu...
Mas AnangFuad
Mas AnangFuad Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahsiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN UNEJ Bantu Kembangkan UMKM Sari Melalui Promosi Digital

2 September 2021   22:00 Diperbarui: 2 September 2021   22:40 339
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKN BTV 3 UNEJ KELOMPOK 34 BANTU KEMBANGKAN UMKM KUE SARI MELALUI PROMOSI DIGITAL DAN SOSIAL MEDIA

Kabupaten Jember, Propinsi Jawa Timur, memiliki luas 3.293,34 km2 yang terbagi atas  31 Kecamatan yang memiliki karateristik wilayah berupa pegunungan, bukit, gumuk, laut dan  hutansub tropis dan terdiri atas dataran tinggi dan dataran rendah yang menyediakan  kekayaankeanekaragaman hayati yang telah dilindungi (Pemkab Jember, 2005). Kelurahan Karangrejo adalah salah satu desa yang terdapat di Kabupaten Jember - Provinsi Jawa Timur. Kelurahan Karangrejo terbagi atas 6 Dusun yaitu Dusun Keluncing,  Dusun Tegal Bayi,Dusun Kali Kotak, Dusun Karang Baru, Dusun Pelindu dan Dusun  Sumberbringin. Dusun iniberada di timur Kota Kabupaten Jember dengan jarak tempuh Kota  Jember ± 5km, mempunyai total luas Wilayah sekitar 689 Ha, dan 2,9 Ha diantaranya  merupakan kawasan gumuk (Bapemas, 2007). 

Sebagian besar mata pencaharian masyarakat di kelurahan Karangrejo adalah sebagai  petani. Namun juga tidak sedikit penduduk yang menekuni usaha dibidang perdagangan barang  ataupun jasa sebagai sumber penghidupan keluarganya. Diantaranya adalah usaha: (a) kuliner  (b) jajanan (c) usaha ternak mikro. Khusus untuk usaha kuliner atau jajanan masih sangat  sedikit yang dikembangkan oleh pelaku atau masyarakat khususnya untuk makanan ringan atau  kue. Pemasaran untuk produk kue ini hanya meliputi di dalam wilayah kelurahan Karangrejo.  Dari usaha ini akan diberikan pelatihan mengenai food fotografi, design promosi dan juga  sistem pemasaran produk dari sederhana menjadi sistem pemasaran online (Digital Marketing) melalui e-commerce dan sosial media.

Melihat sistem pemasaran dari UMKM yang masih bersifat sederhana sehingga pemasaran produk yang tidak meluas dan minat konsumen untuk membeli produk rendah,  maka selama masa pandemi Covid19 ini, dirasakan oleh pelaku usaha UMKM kue di  Kelurahan Karangrejo ini omset penjualannya menurun. Melihat hal tersebut, maka saya Mas  Anang Fuad Rifa’i, Mahasiswa Universitas Jember yang saat ini sedang melaksanakan  program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Back to Village di Kelurahan Karangrejo ini, tertarik  untuk membantu pelaku usaha UMKM kue di desa ini untuk keluar dari masalah tersebut. Oleh  karena itu dalam rangka kegiatan KKN Back to Village di desa ini ditetapkan program  mengajak pelaku usaha UMKM kue melakukan ‘pemasaran produk kreatif dengan  menggunakan digital marketing. Yaitu dengan proses pemasaran produk menggunakan media  sosial serta design promosi kreatif. 

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN)  Back to Village di Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember ini,  dilaksanakan pada tanggal 11 Agustus 2021 sampai 10 September 2021. Metode pelaksanaan  yang digunakan untuk mencapai tujuan yang diharapkan adalah dengan melakukan  pembimbingan dan pelatihan bisnis online secara kreatif di media sosial Instagram dan e-commerce kepada pelaku usaha UMKM kue di Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Sumbersari,  Kabupaten Jember. 

Adapun pembimbingan dan pelatihan yang dilakukan terdapat beberapa metode, diantaranya memberikan materi tentang fotografi makanan, cara design menggunakan aplikasi  canva, dan cara berbisnis online secara kreatif di masa pandemi Covid19 kepada usaha UMKM  kue dengan tujuan agar usaha tersebut mendapat gambaran tentang pentingnya pengembangan  bisnis di dunia online dan pentingnya desain visual untuk meningkatkan minat konsumen. Hal  ini dilakukan agar sasaran mengerti akan pentingnya sebuah produk yang menarik dan  dibutuhkan pasar.  

Dilaksanakan pembimbingan dan pelatihan dalam optimalisasi promosi dan toko online agar usaha UMKM kue tidak hanya bertumpu pada orderan konsumen saja, namun juga dapat memiliki brand yang baik agar dapat bersaing dengan kompetitor lainnya. Melakukan  pelatihan dan pendampingan promosi di media sosial secara kreatif dengan biaya minimum  agar produk sasaran dapat dilihat calon konsumen lebih banyak tanpa membuat sasaran  mengeluarkan banyak pengeluaran biaya untuk iklan. Diharapkan dengan adanya inovasi  kreatif yang diberikan ini dapat membantu usaha makanan tersebut mengembangkan dan  mengoptimalisasi bisnisnya secara offline maupun online seperti di media sosial Instagram dan  e-commerce. 

Adapun awal perencanaan kegiatan ini, dilakukan komunikasi dengan Lurah Karangrejo dalam meminta izin dan dukungan dalam berlangsungnya program KKN Back to  Village. Wawancara dan diskusi yang dilaksanakan dengan Lurah Karangrejo diantaranya,  yaitu waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan serta konsep pelaksanaan kegiatan. Pada tahap  perencanaan ini diidentifikasikan permasalahan usaha ternak di Kelurahan Karangrejo terkait  dengan penurunan omset yang dialami, serta mendiskusikan segala hal mengenai pelaksanaan  pengabdian baik konsep pelaksanaan kegiatan maupun solusi yang akan dilakukan untuk  pengoptimalan bisnis usaha makanan yang ditekuni sasaran. Demikian juga didiskusikan  langsung dengan sasaran mengenai perencanaan program yang akan di realisasikan kepada  usaha UMKM sasaran.  

whatsapp-image-2021-08-17-at-22-48-15-6130e22b31a28777704b0eb2.jpeg
whatsapp-image-2021-08-17-at-22-48-15-6130e22b31a28777704b0eb2.jpeg

   Gambar 3. Identifikasi Masalah di Lingkup Usaha UMKM Kue Sari

Terkait dengan program kerja (Proker) pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk  Kuliah Kerja Nyata (KKN) Back to Village di Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Sumbersari,  Kabupaten Jember ini, dapat dicermati pada: (1) Model Canvas Pelaksanaan KKN Back to  Village di Kelurahan Karangrejo, dan juga (2) Model Roadmap Pelaksanaan KKN Back to  Village di Kelurahan Karangrejo. (Mas Anang Fuad Rifa’i/ KKN BTV 3/ Kelompok 34/ Karangrejo/ Sumbersari/ Jember/ Winda Amilia, S.Tp., M.Sc.)

 

 Model Canvas Pelaksanaan KKN Back to Village di Kelurahan Karangrejo

bmc-6130e4aa31a28738bc72d0f6.jpg
bmc-6130e4aa31a28738bc72d0f6.jpg

Model Roadmap Pelaksanaan KKN Back to Village di Kelurahan Karangrejo

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun