Mohon tunggu...
Maryanto
Maryanto Mohon Tunggu... Pramusaji - Karyawan Swasta, Alumni Universitas Pamulang

Saya sangat menyukai perjalanan dan menulis. Lewat karya saya, semoga bisa menjadi informasi untuk para pembaca.

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Perjalanan dari Bumi Setia Lampung Tengah menuju Parung Panjang Kabupaten Bogor Menggunakan Motor Matic 110 CC

3 November 2023   08:04 Diperbarui: 3 November 2023   08:15 286
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Menawar durian di jalan lintas timur (dok. pribadi)

Perjalanan kali ini saya kembali menuju kota. Setelah menghadiri walimatul urs adik saya di Lampung Tengah. Saya di Lampung selama 3 hari, sangat senang sekali bisa kumpul keluarga , bercengkerama, bahkan Kaka yang dari Yogyakarta sengaja datang untuk hadir dalam acara ini. Semoga adik saya menjadi keluarga yang sakinah , mawadah, warahmah.aamiin.

Jalur yang akan saya lewati adalah , Bumi Setia Lampung Tengah > Mandala > Lintas Timur Sumatera > Pelabuhan Bakauheni> > Pelabuhan Merak > Cilegon > Balaraja > Tigaraksa> Korelet> Parung Panjang Kabupaten Bogor.

Dari pagi kami sudah mempersiapkan untuk pulang. Keluarga sudah biasa, jika ada sanak saudara dari jauh, dan ingin pulang, pasti di tungguin sampai pulang di ruang pendopo depan rumah. Sungguh senang memiliki keluarga yang peduli. Saya bersama istri berangkat pada pukul 08.30. Dengan menggunakan motor matic 110 cc. Dilanjutkan perjalanan menuju lintas timur. Pada pukul 10.22 saya sudah sampai lintas timur Lampung Timur. Untuk isi bensin Pertamax sejumlah 40.000 kondisi full. Sambil membeli durian. 

 Pukul 11.30 saya istirahat di daerah Mataram Baru.

Beristirahat di masjid sekitar Lampung Timur (dok. pribadi)
Beristirahat di masjid sekitar Lampung Timur (dok. pribadi)

 Dilanjutkan kembali pada pukul 12.30. Saya istrhat kembali di daerah Pasir Sakti Lampung Timur. Jarak menuju pelabuhan Bakauheni 47 km jika dihitung dari Pasir Sakti, di tempuh kendaraan _+ 50 menit. Saya lanjutkan jam 13.40. Sampai di sekitar pelabuhan Bakauheni, saya berhenti untuk membeli oleh oleh.lalu setelah selesai menuju pelabuhan pada pukul 15.20. Sambil pesan kapal executive dengan tarif kendaraan bermotor roda 2 Rp. 120.00. Sedikit informasi, mau penumpang satu, atau dua akan dikenakan tarif sebesar Rp 120.000. Setelah membeli tiket, kami menunggu antrian bongkar kapal.

Kondisi antrian bongkar muat kapal, selanjutnya untuk gantian masuk ke lambung kapal, dermaga executive (dok. pribadi)
Kondisi antrian bongkar muat kapal, selanjutnya untuk gantian masuk ke lambung kapal, dermaga executive (dok. pribadi)

 Pemberangkatan pada pukul 16.10 Tiba di pelabuhan Merak pada pukul 17.40. Melanjutkan perjalanan, dan rest di pom bensin untuk sekalian shalat magrib. Membeli Pertamax sejumlah Rp. 35.000

Rest di alun alun Serang pada pukul 19.54 sampai 21.00 . Kami lanjutkan perjalanan, namun banyak istirahat,karena demi keselamatan. Kami mengisi kembali bensin Rp. 35.000. Sampai rumah pada pukul 02.00. Jadi kesimpulan pada perjalanan Bumi Setia Mataram Lampung Tengah menuju Parung Panjang Kabupaten Bogor, menggunakan kendaraan roda dua matic, dan naik kapal Ferry eksekutif dengan jarak  301 Km dapat di tempuh selama -+18 jam. Biaya yang dikeluarkan  dengan rincian sebagai berikut . Bensin Pertamax Rp. 40.000 +Rp. 35.000 + Rp. 35.000 + Tiket kapal executive Rp. 120.000. Jadi total nya, Rp. 230.000 ( ini karena kondisi bersama istri berboncengan, banyak istirahat, kemungkinan beda penumpang, beda orang, akan berbeda pula lama perjalanan bisa lebih cepat atau lebih lambat). Ditambah , semakin banyak gas mesin motor, akan berpengaruh pada bensin yang dikeluarkan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun