Maryanto
Maryanto Mohon Tunggu... Pramusaji - Karyawan Swasta, Alumni Universitas Pamulang

Saya sangat menyukai perjalanan dan menulis. Lewat karya saya, semoga bisa menjadi informasi untuk para pembaca.

Trip

Perjalanan Desa Jagabaya Parung Panjang Kabupaten Bogor - Desa Bumi Setia Kabupaten Lampung Tengah Menggunakan Motor Matic 110 CC

28 Oktober 2023   12:49 Diperbarui: 3 November 2023   08:07 446
Kondisi dak kapal, berisi kendaraan bermotor dan kendaraan mobil - dok. pribadi

Perjalanan kali ini, saya mulai dari wilayah Desa Jagabaya Parung Panjang, Kabupaten Bogor pada pukul 20.00 . Perjalanan kali ini bersama istri saya dengan tujuan Desa Bumi Setia Kecamatan Seputih Mataram, Kabupaten Lampung Tengah.

Saya menggunakan motor matic dengan mesin 110 cc.

Kondisi spedometer beserta indikator bensin (dok. pribadi)

Karena start dari Parung Panjang  saya memilih rute Parung Panjang > Korelet > Tigaraksa > Balaraja > Serang > Merak > Bakauheni> Bumi Setia Mataram ( Via lintas timur ). Jam menunjukkan pukul 22. 35 saya memutuskan istirahat di wilayah Kragilan Cikande sekaligus isi bensin.

Tampilan struk pembelian Pertalite. (Abaikan tanggal tidak sesuai) - dok. pribadi

Lalu melanjutkan kembali perjalanan  pada pukul 22.40. Istirahat kembali di daerah Serang pada pukul 23.23. Jalan kembali pada pukul 00.30 . Ditengah perjalanan kami berhenti, untuk membeli air minum dan sekaligus membeli tiket kapal executive, dengan harga 120.000 ( untuk jenis kendaraan motor roda 2 beserta penumpang ) . Jika sahabat ingin menaiki kapal, saya sarankan sebelum sampai pelabuhan, sudah memesan tiket kapal, agar tidak ribet ketika sudah sampai pelabuhan . Jika kita sudah memiliki tiket, kita tinggal scan barcode. Sebagai informasi , saya sarankan untuk mendownload aplikasi ferizy untuk pembelian tiket, jika tidak ingin membeli melalui calo sekitar pelabuhan.Tiba di pelabuhan merak pukul 01.59 langsung menuju kapal executive.

Kondisi dak kapal, berisi kendaraan bermotor dan kendaraan mobil - dok. pribadi

Masuk ke lambung kapal pada pukul 02.30, kapal baru berangkat 03.10. turun kapal 04.15.  Perjalanan di kapal executive selama -+ 1 jam.

Sambil berjalan, kami melewati perkampungan orang Bali Tepatnya di lintas Timur. Rute ini saya pilih, karena letak desa saya yang tidak jauh dari jalur Lintas Timur. Jika melihat sejarah, propinsi Lampung menjadi tujuan transmigrasi dari penduduk pulau Jawa, Bali dan daerah lain. Makanya tidak heran, jika di sini bermacam - macam etnis , suku, dan budaya. Setelah berjalan, lalu mencari Masjid untuk shalat subuh. Dilanjutkan perjalanan kembali, kami kebanyakan istirahat, oleh sebab itu, kami lama diperjalanan. Ditambah lagi, sempat berhenti untuk ganti oli mesin. Saya tiba di desa Bumi Setia pada pukul 13.00.

Keadaan Desa Bumi Setia  Lampung Tengah - dok. pribadi

Jadi perjalanan Parung Panjang  Kabupaten Bogor-Bumi Setia Mataram Lampung Tengah dengan jarak 310 km, menggunakan motor matic  ditempuh selama _+ 17 jam. Total biaya yang dikeluarkan, biaya bensin 50.000 + tiket kapal Ferry executive 120.000 + ganti oli 50.000. Jadi total nya Rp. 220.000.