Pendidikan bahasa indonesia adalah salah satu aspek pembelajaran yang berfokus kepada kemampuan menulis, membaca dan berbicara. Fokus kemampuan tersebut menekankan kepada peserta didik untuk lebih bersikap ilmiah dan berpikir secara kritis dalam menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran. Kegiatan pembelajaran merupakan suatu proses komunikasi antar satu individu dengan lainnya.
       Dalam pembelajaran bahasa indonesia peserta didik dituntut untuk dapat menguasai kemampuan berbicara secara lisan dengan menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar, memahami teks bacaan dalam bahasa indonesia, dapat menulis dengan baik dan benar dalam bahasa indonesia dan dapat menyusun kalimat menjadi sebuah paragraf  yang benar, serta kemampuan untuk mendengarkan dan memahami suatu percakapan dalam bahasa indonesia.
       Dalam proses pembelajaran, sangat diperlukannya minat baca bagi peserta didik. Secara sederhana, minat berarti keinginan yang besar yang ditunjukkan oleh individu terhadap suatu objek yang berupa benda hidup maupun benda yang tidak hidup, Sedangkan minat baca adalah ketertarikan dalam proses membaca yang ditunjukkan oleh peserta didik dalam melakukan suatu proses pembelajaran baik itu di lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat.
      Membaca adalah proses berpikir yang dilakukan secara sengaja dan kritis yang bertujuan untuk memahami sebuah karya tulis secara keseluruhan. Kegiatan membaca dapat menambah pengetahuan dan memperoleh suatu informasi yang berguna dalam proses pembelajaran. Kegiatan membaca dapat dilakukan secara maksimal dengan adanya minat baca yang tinggi. Minat baca pada peserta didik biasanya ditandai dengan kegemaran siswa membaca buku-buku yang mudah dipahami sehingga hal itu akan berdampak baik pada hasil belajar siswa di sekolah. Siswa akan lebih mudah memahami materi pembelajaran karena sudah memiliki kebiasaan membaca sejak dini.
      Pendidikan bahasa indonesia memiliki peran yang sangat penting dalam menumbuhkan minat baca pada peserta didik di sekolah dasar, antara lain sebagai berikut:
    1. Keterampilan Membaca
      Pendidikan bahasa indonesia dapat membantu peserta didik untuk menguasai keterampilan membaca dengan baik. Dalam             proses pembelajaran bahasa indonesia, peserta didik di sekolah dasar akan belajar mengenai tata Bahasa, kosa kata, dan                struktur kalimat yang baik dan benar. Hal ini akan membantu peserta didik dalam memahami teks yang mereka baca.
    2. Mengenal Jenis-Jenis Teks
      Melalui Pendidikan Bahasa Indonesia, peserta didik  akan belajar  mengenai berbagai jenis teks seperti puisi, artikel, danÂ
      lain-lain. Dengan mengenal berbagai teks peserta didik dapat memahami dan mempelajari berbagai teks seperti teks naratif,Â
      teks deskriptif, dan sebagainya.