Mohon tunggu...
Marwa Ulfa
Marwa Ulfa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Membaca dan menulislah karena itu salah satu cara untuk mendapatkan ilmu

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyyah Prof Dr HAMKA Peminatan Hubungan Masyarakat / Publik Relation

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Analisis Kegiatan Corporate Branding Perusahaan Gojek, Perusahaan Skala Multinasional

10 Desember 2021   13:00 Diperbarui: 10 Desember 2021   19:21 2047
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Perusahaan Multinasional menurut W. F. Schoel merupakanp perusahaan yang beroperasi di satu negara (disebut negarai induk dan memiliki kegiatan produksi dan pemasaran di satua ataulebih negara asing (negara tuan rumah).

Salah Satu Perusahaan Multinasional dari Indonesia Adalah PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau yang lebih dikenal dengang gojek (sebelumnya ditulis GO-JEK) Yang Merupakan sebuah perusahaanteknologi asal Indonesia yang melayani angkutanm melalui jasa ojek. Gojek didirikan pada tahun 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim. Selain di Indonesia, layanan Gojek kini telah tersedia di Thailand, Vietnam dan Singapura dengan bermacam services mengikuti kebijakan masing-masing negara

Fitur dan Layanan GOJEK 

  • GoPay, layanan pembayaran digital 
  • GO-SEND atau GET-Delivery, layanan transportasi barang (Tersedia di Indonesia, Thailand dan Vietnam) 
  • Go-RIDE atau GET-Win GO-BIKE, layanan transportasi penumpang dengan sepeda motor (Tersedia di 
  • Indonesia,Thailand dan Vietnam) 
  • GO-FOOD atau GET-Food, layanan pemesanan makanan (Tersedia di Indonesia dan Thailand) 
  • GO-BOX, layanan pengantaran barang berukuran besar 
  • CO-CLEAN, layanan membersihkan rumah 
  • GO GLAM, layanan kecantikan 
  • GO-MASSAGE, layanan pemijatan 
  • GO-TIX, layanan pemesanan tiket 
  • GO-CAR, layanan transportasi penumpang dengan mobil (Tersedia di Indonesia 
  • GO-AUTO, layanan montir 
  • GO-MED, layanan pembelian obat 
  • GO-PULSA, layanan isi pulsa elektronik 
  • GO-SHOP, layanan belanja barang 
  • GO-BILLS, layanan berbagai pembayaran GO-PAY, layanan pembayaran digital 
  • GO-DEALS, layanan penawaran diskon 
  • GO BLUEBIRD, layanan transportasi dengan taksi reguler Blue Bid Group (kerjasama)

Dilansir dari Laman Marketing 91 Corporate Branding adalahsuatu kegiatan yang mana para pemasarm menggunakan nama brand perusahaan sebagai usaha pengiklan atas identitas bisnis pada semua saluran komunikasi secara menyeluruh.

Teknik Branding Perusahaan GOJEK

1. Jakarta, 22 Juli 2019 Lalu Gojek melakukan re-branding denganmu megubah logo tersebut menjadi "SOLV"

dengan slogan barunya yaitu "Pasti ada Jalan"

Logo baru di kreasi dengan multi-makna, tergantung orang yang melihatnya. Misalnya, lihat gambar tombol yang berarti power, dan dimaknai sebagai empowering, atau pemberdayaan masyarakat oleh Gojek. Logo Solv identik dengan "kaca pembesar", yang dimaknai search, mencari. Bermaksud hadirnya Gojek memenuhi banyak kebutuhan yang dicari masyarakat dari makanan hingga transportasi, Semboyan "pasti ada jalan" dimaknai sebagai kemampuan gojek mewujudkan layanan bagi harapan konsumen. Logo "dot" sebagai ungkapan Gojek bahwa hanya satu tombol sudah cukup untuk semua orang. 

Alasannya karena Go-Jek sudah terlalu berubah dari awal usulnya. Kita saat ini mewadahi berbagai macam service provider, tak hanya layanan Go-Ride. Ada banyak stakeholder yang harus kami wadahi, dan karena itu kami membutuhkan simbol baru. Simbol yang tidak mengkhianati asal usul, tapi tidak juga mengkhianati sesuatu evolusi baru dimana kita menjadi ekosistem _nadiem  Makariem

2. Teknik Corporate Branding melalui Strategi Marketing

  • Iklan Berbayar, Perusahaan Gojek adalah perusahaan yang Aktif mempromosikan aplikasinya melalui iklan berbayar seperti di Saluran Tv, Google Ads, Facebook Ads, Blog dan aplikasi Android lainnya. Tak jarang konten yang di iklankan pun mengandung pesan moral,  dan  Relavan dgn perusahaan gojek.Seperti kata Cerdikiawan dalam iklan Gojek itu Maknanya  aplikasi karya anak bangsa yang cerdik yang menjadi solusi dari berbagai macam  situasi dengan hal yang kreatif dan menjadi aplikasi yang mempermudah segala bentuk aktivitas manusia.  
  • Teknik Integrated Digital Marketing, Contohnya melalui YouTube @Gojek Indonesia Kontennya pun sangat bervariasi, mulai dari Penggunaan aplikasi gojek, info diskon, program baru dan lain-lain, perusahaan go-jek konsisten memasukkan logo "Solv" tagline #Pastiadajalan, menggunakan Eleman warna hijau dan Soundtrack yang menjadi ciri Khas identitas perusahaan gojek Di setiap kontennya
  •  Search Engine Optimization (SEO), ketika kita menuliskan gojek otomatis website utama dari perusahaan gojek yang muncul di search engine google

3. Mewajibkan para Driver dan Mitra GOJEK Untuk Memakai Atribut Jaket dan Helm ketika sedang Beroperasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun