Kali ini saya ingin berbagi kepada bapak/ibu guru Bimbingan Konseling terkait bagaimana kita bisa mengemas layanan klasikal agar bisa menerapkan merdeka belajar kepada para siswa. Materi yang akan saya sampaikan adalah dunia kerja diperuntukkan untuk siswa SMP kelas 9.
Supaya siswa tidak jenuh dan terlibat langsung dalam pembelajaran, maka saya akan mengemas materi tersebut dengan menggunakan game yang saya beri nama "kotak ajaib."
Sebelum penyampaian materi, terlebih dahulu para siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Dilanjutkan dengan mengecek kehadiran siswa dan menanyakan kabar mereka hari ini. Dan bagaimana perasaan mereka saat ini.
Mengapa hal ini perlu dilakukan? Salah satu tujuannya adalah untuk menjalin komunikasi dan membina keakraban dengan para siswa. Jika siswa sudah merasa nyaman. Jangan lupa menanyakan apakah mereka sudah siap untuk melanjutkan pembelajaran. Jika sebagian besar siswa menjawab "ya" itu artinya mereka benar-benar sudah nyaman untuk menerima materi yang akan kita berikan. Â Tapi jika sebagian besar mereka mengatakan belum siap. Sebagai guru kita harus memberikan ice breaking atau permainan yang membuat mereka lebih merasa enjoy.
Yang tidak kalah pentingnya. Sebelum masuk ke materi, hendaknya guru membuat kesepakan pembelajaran dengan para siswa atau kalau saya sering mengistilahkan dengan kontrak belajar.
Selanjutnya sampaikan apa tema dari materi hari itu dilanjutkan dengan memaparkan tujuan dari pembelajaran hari ini.
Sebagai langkah awal dalam pembelajaran guru memberikan pertanyaan kepada siswa sebagai apersepsi dan sebagai umpan mengaktifkan siswa agar mau berpendapat.
Misalnya: pekerjaan apa saja yang ada di sekitarmu dan yang kamu bisa saksikan di masyarakat?
Saat siswa berpendapat, jangan lupa berikan apresiasi dan penghargaan, walau itu hanya berupa kalimat atau tepuk tangan.
Kemudian guru mengeluarkan sebuah kotak ajaib yang berisi gulungan daftar nama-nama pekerjaan yang ada di sekitar kita. Minta masing-masing siswa untuk mengambil satu kertas dan membuat deskripsi singkat terkait profesi yang diperolehnya. Agar lebih memudahkan siswa membuat deskrisi berupa kalimat penjelas dari profesi tersebut. Alangkah baiknya jika para siswa diberikan sekedar rambu-rambu seperti pertanyaan di bawah ini
1. Nama pekerjaan yang diperoleh
2. Apa yang menarik dari pekerjaan tersebut
3. Kompetensi yang perlu dimiliki untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.
4. Kriteria pekerjaan tersebut.
6. Peluang masa depan jika memiliki pekerjaan tersebut.
Perwakilan beberapa siswa diminta maju ke depan untuk mempresentasikan hasil kerja masing-masing.