Mohon tunggu...
Marvelin Ang
Marvelin Ang Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa ilmu komunikasi

Saat ini sedang menempuh pendidikan strata 1 di Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Empowering Women Through Social Media

18 Maret 2021   17:12 Diperbarui: 18 Maret 2021   17:52 440
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Saat ini, kita hidup di era digital dimana setiap orang memiliki kebebasan untuk mengakses internet. Ada berbagai media yang dapat kita akses pada era digital ini. Akan tetapi, media yang paling banyak peminatnya adalah media sosial. 

Di Indonesia, salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah Instagram. Hingga November 2019, jumlah pengguna aktif bulanan Instagram di Indonesia dilaporkan telah mencapai 61.610.000 (Pertiwi, 2019). 

Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan dan diakses oleh masyarakat di Indonesia. Rata-rata orang menghabiskan 17 jam/bulan untuk mengakses aplikasi Instagram (Clinten, 2021). Instagram menjadi salah satu media untuk komunikasi yang berisi berbagai konten, mulai dari konten pribadi, konten jualan, hingga konten edukasi.

Womenbeyond.id adalah komunitas online yang bergerak di bidang pemberdayaan perempuan khususnya pada bidang kepemimpinan yang berdiri pada tahun 2020 lalu. Sebagai komunitas online, womenbeyond.id memanfaatkan media sosial Instagram dan LinkedIn untuk mengedukasi perempuan-perempuan di luar sana. 

Selain untuk mengedukasi, akun Instagram dan LinkedIn ini berfungsi untuk menginformasikan berbagai program dan kegiatan yang diadakan womenbeyond. Hingga saat ini, womenbeyond.id sudah memiliki 3.166 pengikut di akun instagram dan 912 pengikut di LinkedIn. 

Gambar 2. Instagram Women Beyond
Gambar 2. Instagram Women Beyond

Gambar 3. LinkedIn Women Beyond
Gambar 3. LinkedIn Women Beyond

Beberapa minggu terakhir, ada beberapa konten yang dibuat womenbeyond. Seperti peringatan hari perempuan internasional 2021, instagram take over yang membahas seputar dunia karir, dan mengajak orang-orang untuk membuat surat untuk dirinya sendiri sebagai bentuk apresiasi atas dirinya. Hari perempuan internasional diperingati setiap tanggal 8 Maret di seluruh dunia.  

Pada tahun ini, Womenbeyond.id ikut memeriahkan hari perempuan internasional dengan membuat kampanye di Instagram. Kampanye ini mengangkat tema dari hari perempuan internasional 2021, yaitu Choose To Challenge. 

Bagi womenbeyond, tema Choose To Challenge kampanye ini memiliki keselarasan dengan fokus dari womenbeyond. Perempuan-perempuan yang memiliki keberanian untuk menantang dirinya sendiri untuk maju, telah berkontribusi untuk mengubah pandangan mengenai sosok wanita di masyarakat. Contohnya perempuan yang berani untuk menjadi seorang pemimpin, ia akan mengubah pandangan bahwa perempuan tidak pantas untuk menjadi seorang pemimpin. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun