Mohon tunggu...
Akmal Pratama
Akmal Pratama Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

Kunjungi website pribadi saya di www.akumaru.com || follow twitter : @akumaru27 || follow fb : https://www.facebook.com/akumaru27

Selanjutnya

Tutup

Nature

Aksi Nabung Pohon Kampusku

8 Mei 2013   20:36 Diperbarui: 24 Juni 2015   13:53 198
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hallo friend, dah pada tau hari bumi kan? baru-baru ini loh tepatnya tanggal 22 April kemarin loh.. Saya sendiri baru sadar kalau tanggal 22 April itu hari bumi, saya tahu ketika saya sedang menggunakan internet gan, saya buka google untuk mencari-cari sesuatu yang menarik. Dan ketika saya membuka mbah google tampilan beranda nya seperti gambar dibawah ini :

Yang saya tahu google selalu memperbaharui tampilan berandanya di hari tertentu. Uniknya lagi gan, tampilan beranda google ini berbentuk animasi gan, bisa bergerak dan kita bisa sedikit memainkan tampilan beranda ini.

Itu tadi sekilas info mengenai hari bumi friend, sekarang kita membahas tentang apa yang sudah kita lakukan di hari bumi ? Sudahkah kita melakukan gerakan menanam seribu pohon? Sudahkah kita menanam pohon? Sudahkah kita membuat bumi kita hijau? Ikut serta dalam kegiatan menanam pohon yang sedang dilakukan adalah salah satu contoh nyata untuk menyelamatkan bumi kita. Kegiatan ini juga telah dilakukan oleh CIMB Niaga. Pada tanggal 20/04/2013 CIMB Niaga melakukan penanaman pohon bersama para karyawan CIMB Niaga. Namun karena berlokasi di Jakarta sehingga saya tidak bisa mengikuti kegiatan tersebut.

[caption id="attachment_252840" align="alignnone" width="576" caption="Foto kegiatan gugur gunung ITS "]

13680184841812521510
13680184841812521510
[/caption]

Namun disini akan bercerita tentang pengalaman saya pada aksi nabung pohon di kampus saya, pada kegiatan gugur gunung yang diadakan oleh kampus saya. Saya kuliah disalah satu Perguruan Tinggi Negeri di daerah Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Gugur gunung yang dilakukan di kampus saya ini memiliki agenda tahunan yang diadakan oleh salah satu sosmas yang ada di kampus. Diawali dari kegiatan flashmob yaitu sejenis senam ringan di pagi hari, kemudian diteruskan dengan acara penanaman 1000 pohon. Untuk kegiatan penanaman 1000 pohon ini kami dibagi menjadi beberapa kelompok, dimana setiap kelompoknya di bagi untuk tempat-tempat tertentu. Tujuannya agar merata penanaman pohon di setiap lingkungan kampus.

Kelompok saya kebagian di daerah sekitar Asrama Mahasiswa disana kami di arahkan bagaimana cara menanam pohon yang baik.

  1. Digali lahannya, disesuaikan dengan ukuran pohonnya
  2. Dimasukkan pupuk sebagian kedalam lubang yang telah digali
  3. Masukan pohon yang akan ditanam
  4. Masukan lagi sisa pupuk yang telah digunakan tadi
  5. Terakhir siram pohon dengan air

Setelah arahan tersebut kami langsung mengambil pohon dan pupuk yang sudah disediakan oleh panitia. Lalu kami mencari lokasi yang tepat untuk menanam pohon tersebut, karena tanaman kami adalah tanaman hias, maka kami letakkan di dekat pintu masuk asrama.

Ada banyak foto dari kegiatan tersebut, namun ini adalah salah satu foto saya setelah kegiatan di asrama, sambil mengenakan baju gugur gunung..

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun