Para miliarder memberi nilai lebih saat bekerja, sedangkan orang biasa bekerja sesuai job descriptions.
merupakan sebuah pernyatan yang sangat menginspirasi dari Paulus Winarto, seorang penulis sekaligus motivator handal. "Agar menjadi pribadi yang unggul, Anda harus bersedia melakukan pekerjaan melebihi yang dikerjakan orang rata-rata,"
Kerja keras dan terkadang harus berjuang melebihi batas kenormalan adalah sebuah modal sekaligus stratgei ampuh dalam menggapai tujuan atau cita-cita hidup. Tidak ada yang bisa dilakukan dengan bersantai-santai apalagi bermalas-malasan untuk sebuah hasil yang besar dan cemerlang.
Sekolah akan menjadi sesuatu yang sangat rutinitas dan membosankan ketika tidak ada nilai lebih di dalamnya lewat berbagai terobosan-terobosan yang kontekstual dan bermakna.Â
Para pendidik hanya mengulang-ulang materi dan metode usang setiap tahunnya padahal zaman berubah dan anak didik juga berbeda. Mengerikan sekali, sekolah atau kampus hanya menjadi tempat pengulangan dengan dalih memahirkan keterampilan, namun kemalasan dan ketidakmauan untuk belajar di balik segalanya.Â
Sekolah dan pendidikan adalah sebuah proses dinamis, bukan statis sehingga membutuhkan pendidik yang dinamis dan humanis.
Sekolah akan menjadi sesuatu yang sangat tidak bermakna ketika anak-anak dihadapkan dengan materi-materi teoretis yang begitu banyak dan sangat hafalan, padahal semuanya dengan mudah ditemukan di internet lewat penelusuran canggih.Â
Teknologi begitu canggih telah mengubah tatanan dunia, namun seringkali sekolah masih setia pada dunia usang seolah-olah ilmu pengetahuan dan nilai-nilai pendidikan hanya ada di sebuah buku cetak yang mulai usang pula.Â
Dunia pendidikan sejatinya dihadapkan dengan berbagai sumber belajar yang begitu kaya dan bermakan di zaman sekarang, seperti lingkungan, masyarakat, teknologi, berbagai isu sosial, dan beraneka ragam konteks moral-budaya.
Edupreneurship merupakan sebuah sinergisitas dunia pendidikan dan dunia nyata (zaman) yang memberikan wacana dan makna yang lengkap dan kontekstual.Â
Belajar di sekolah bukan masalah transfer ilmu dan mendapatkan skor atas proses belajar itu. Namun, belajar di sekolah sejatinya menjadi sebuah tantangan yang antusias untuk memberi nilai lebih atas proses belajar itu sehingga lahirlah kegembiraan, antusiasme, idealisme, moral baik, ide untuk dunia, dan kecintaan pada semesta dan Sang Pencipta.Â