Berkaitan dengan model pembelajaran, yaitu model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terdiri dari 5 sintaks pembelajaran yaitu :
- Orientasi peserta didik pada masalah
- Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar
- Membimbing peserta didik secara individu atau kelompok
- Mengembangkan atau menyajikan hasil karya
- Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah dari model pembelajaran dari mulai tahap satu sampai akhir dituangkan dalam kegiatan pembuka, inti dan penutup, menilai hasil evaluasi dari keseluruhan ranah, yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotor juga menilai peningkatan pengetahuan peserta didik.
Yang terlibat di dalamnya adalah guru sebagai perancang dan pelaksanaan praktik pembelajaran. Rekan guru yang membantu dalam mempersiapkan praktik pembelajaran, merekan dan juga memberikan masukan dan semangat. Kepala sekolah yang telah memberikan izin dalam pelaksanaan praktik pembelajaran. Peserta didik yang semangat dalam mengikuti praktik pembelajaran ini.
Sumber daya atau materi yang di perlukan dalam praktik pembelajaran ini adalah RPP yang sudah di rancang dengan baik, pemanfaatan TPACK dalam membuat media ajar dengan menggunakan media konkret  media power point dan video pembelajaran serta LKPD yang menarik. Soal evaluasi  dan instrumen penilaian.
Dampak dari menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi yang mengacu pada model pembelajaran Problem Based Learning dan  langkah-langkah yang dilakukan adalah peserta didik lebih termotivasi dalam belajar sehingga hasil belajar peserta didik meningkat.
Adapun respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan Respon dari peserta didik sangat senang dan bersemangat selama proses pembelajaran, Respon kepala sekolah sangat positif dan mendukung penuh atas kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan, Rekan sejawat sangat positif dan antusias, sehingga mereka juga ingin melaksanakan model pembelajaran yang telah saya laksanakan.
Faktor yang mendukung keberhasilan pembelajaran ini yaitu prangkat pembelajaran yang lengkap, perangkat pembelajaran disusun secara oprasional yang di bimbing langsung oleh dosen dan guru pamong dengan sangat baik, pembelajaran disusun dengan baik dengan memperhatikan setiap sintaks model pembelajaran yang di pilih. Dan tentunya dukungan dari kepala sekolah dan rekan sejawat juga menjadi faktor keberhasilan strategi yang telah di lakukan.
Pembelajaran dari keseluruhan proses ini adalah guru perlu melakukan persiapan yang baik sebelum melaksanakan proses pembelajaran di dalam kelas. Persiapan yang dilakukan seperti mengenali karakteristik peserta didik agar peserta didik lebih termotivasi dalam belajar dan hasil belajar  pun meningkat, Pembelajaran lebih bervariasi, menarik dan menyenangkan, Media dan alat/bahan pembelajaran lebih inovatif.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H