Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang diharapkan dalam kurikulum merdeka. Dengan pembelajaran berdiferensiasi anak dapat belajar sesuai dengan bakat, minat yang mereka miliki. Pada pemebelajarn Pendidikan Pancasila dala materi Penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari pada Fase E, Kelas X dilakukan pembelajaran dengan pembuatan cerita bergambar atau komik penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Pada pembuatan cerita bergambar ini, guru memberikan kebebasan kepada siswa untuk membuat cerita boleh secara manual dan boleh juga digital. Hal ini dilakukan agar siswa bekerja sesuai dengan bakat mereka. Bagi siswa yang tidak panda menggambar namun pandai dibidang IT maka akan membuat secara digital namun bagi mereka yang memiliki bakat menggambar akan menuangkan kemampuan menggambar mereka.
Menurut salah satu siswa SMA Xaverius Pringsewu kelas  X 4 Fajar pembelajaran yang sekarang berbeda jauh dengan yang pernah dilalui. Pembelajaran pendidikan Pancasila pada jenjang sebelumnya hanya dipenuhi dengan merangkum materi, namun dengan kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Pancasila banyak yang bisa dilakukan.
Menurutnya pembelajaran diferensiasi yang diterapkan sangatlah menyenangkan apalagi dengan pembuatan cerita bergambar ini. Banyak hal yang dipadukan baik kemampuan IT, maupun bakat menggambar. Tetap semangat untuk para guru melakukan pembelajaran berdiferensiasi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H