Mohon tunggu...
Martha Yuliana
Martha Yuliana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah seorang mahasiswa Atma Jaya Yogyakarta program studi Akuntansi.

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Mengelola Pengambilan Keputusan, Kendala dan Tantangan Budaya Organisasi, dan Lingkungan Global

28 Maret 2024   17:11 Diperbarui: 28 Maret 2024   17:13 249
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam hidup ini tentu saja kita di hadapkan dengan berbagai macam pilihan. Pada saat memutuskan untuk memilih suatu pilihan, tentu kita pasti harus memikirkan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kita memilih hal tersebut. 

Apa lagi, jika pilihan tersebut berhubungan dengan pekerjaan. Hal tersebut juga berlaku bagi seorang manajer yang harus memutuskan suatu pilihan . Maka, ia harus melakukan beberapa tahapan proses demi menentukan pilihan yang tepat.

Berikut tahapan-tahapan memutuskan suatu pilihan untuk manajerial:

1. Mengidentifikasi Masalah

Setiap pilihan berasal dari suatu masalah. Manajer harus berhati-hati agar tidak tertukar antara masalah dengan gejala-gejala masalah.

Contoh: Seorang manajer memiliki sebuah masalah yaitu laptop lamanya sudah tidak memadahi untuk melakukan pekerjaannya.

2. Mengidentifikasi Kriteria Pilihan

Setiap manajer harus mengidentifikasi kriteria keputusan yang penting atau relevan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Setiap pengambil keputusan memiliki kriteria yang memandu keputusannya.

Contoh:  Manajer tersebut mempertimbangkan beberapa kriteria yang diperlukan untuk membeli laptop barunya (kemampuan memori dan penyimpanan, kualitas tampilan, daya tahan baterai, garansi, dan bobot kamera adalah kriteria yang relevan dalam keputusannya).

3.  Alokasikan Bobot pada Kriteria
Jarang sekali kriteria yang relevan memiliki nilai yang sama pentingnya. Jadi, pengambil keputusan perlu memberikan bobot pada item-item tersebut untuk memberikan prioritas yang tepat dalam keputusan. Bagaimana caranya? Cara yang sederhana adalah dengan memberikan bobot 10 pada kriteria yang paling penting, lalu memberikan bobot pada kriteria lainnya dengan menggunakan standar tersebut.

Contoh: Manajer itu memberikan bobot penilaian dari 1-10 terhadap kriteria-kriteria laptop diatas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun