MARKETING PLAN (STRATEGI PEMASARAN)Â
A. Marketing Plan dan Segmentasi
Pengertian Marketing Plan:
  Sebuah rencana pemasaran dalam menerapkan strategi marketing untuk mencapai target yang diinginkan. Adapun unsur-unsur marketing plan diantaranya:
- Ringkasan dan tujuan perusahaan, seorang pengusaha harus mengetahui terelebih dahulu terkait dengan ringkasan dan tujuannya seperti apa.
- Tentukan target dan standart yang dicapai, tujuannya untuk mengarahkan perusahaan kepada target yang tepat.
- Target pasar, harus melakukan sebuah observasi terlebih pada kebutuhan konsumen.
- Tetap fokus dan prioritas, cukup dengan 1 ide saja asalkan ide itu dapat membidik pada tepat sasaran.
- Segmentasi:
- Â Â Kita bisa melihat disetiap daerah yang sedang dibutuhkan oleh konsumen itu apa saja? Maka dari itu, kita dapat memenuhi hal tersebut sehingga profit (keuntungan) yang kita raih semakin meningkat.
B. Cara dan Rancangan Marketing Plan
  Bagi anda pemilik usaha pastinya ingin agar brand produk dan jasa anda dikenal oleh banyak konsumen diluar sana agar memiliki nilai penjualan yang terus meningkat dengan membuat marketing plan, disini anda dapat dimudahkan dalam proses berpikirnya, tetapi anda juga dapat terus mengevaluasi marketing plan yang telah ada jalankan sesuai dengan feedback dan hasil yang diterima. Nah, disini saya akan memberikan langkah-langkah membuat marketing plan yang baik diantaranya:
- Buat eksekutif summary, untuk memastikan bahwa pihak yang bekerjasama mengerti tentang perusahaan anda, dan dapat menjelaskan garis besar perusahaan yang sedang dijalankan.
- Tentukan tager customer, semakin spesifik target customer maka semakin mudah juga untuk menarik perhatian target customer anda.
- Unique selling preposition, tentang keunikan produk dari perusahaan anda. Dengan adanya USP ini anda dapat membandingkan produk perusahaan anda dengan kompetitor yang lainnya.
C. Target dan Positioning
  Targeting menurut Daryanto sebuah proses mengevaluasi daya tarik segmen pasar dan memiliki satu atau beberapa untuk dimasuki. Terdapat manfaat dari target dan positioning diantaranya:
- Dapat mengembangkan posisi produk dan strategi pemasaran.
- Membidik peluang pasar lebih luas.
- Memamfaatkan sumber daya perusahaan seefektif dan seefisien mungkin.
D. Strategi Produk
  Strategi adalah cara atau rencana yang dapat memasarkan suatu barang. Sedangkan produk ialah barang yang akan kita pasarkan. Terdapat 3 jenjang produk diantaranya:
- Inti produk menjelaskan tentang manfaat hakiki (kualitas produknya).
- Wujud produk  menjelaskan tentang ciri-ciri, kemasan dll.
- Kesempurnaan produk menjelaskan tentang gabungam dari keduanya sebagai pendukung terciptanya produk yang berkualitas
- Strategi mengembangkannya meliputi logo, merk, label. Sebuat membuat produk alangkah lebih baiknya buatlah logo semenarik mungkin agar konsumen minat dengan produk yang kita tawarkan.