Gagne menjabarkan pemikirannya tentang proses pembelajaran melalui apa yang disebutnya sebagai Nine Levels of Learning Theory.Â
Ini adalah teori tentang prinsip dari Gagne bahwa proses pembelajaran yang ideal haruslah melalui Sembilan tahapan pembelajaran dimana semua tahapan harus diikuti dan dilalui secara runut, tidak boleh ada lompatan tahapan karena bagi Gagne hal itu akan mengakibatkan ketidaklengkapan proses pembelajaran yang mempengaruhi kualitas pembelajaran nantinya.
Adapun kesembilan tahapan itu adalah
1. Gaining Attention (Reception)
Pada tahap ini guru mencoba menarik perhatian siswa sebelum memulai pembelajaran agar siswa fokus pada pembelajaran. Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara misalnya, mengatur volume suara yang jelas, gerak tubuh yang sesuai dengan maksud yang ingin dicapai, ataupun beberapa metode lainnya yang dapat menarik perhatian siswa.
2. Informing Learners of the Objective (Expectancy)
Pada tahap ini guru menyampaikan tujuan yang akan dicapai di akhir sesi pembelajaran dan manfaat yang akan siswa dapatkan dari pembelajaran tersebut.
3. Stimulating Recall of Prior Learning (Retrieval)
Di tahap ini guru memberikan brainstorming atau semacam pengarah yang mengantarkan pada suatu topik pembelajaran.
4. Presenting the Stimulus (Selective Perception)
Tahap ini menjelaskan bahwa guru menyampaikan suatu topik pembelajaran yang baru untuk dipelajari oleh siswa.
5. Providing Learning Guidance (Semantic Encoding)
Di tahap ini guru memberikan pendekatan alternatif yang dapat mendukung informasi yang diperoleh sebelumnya.
6. Eliciting Performance (Responding)
Tahapan ini guru bisa memancing siswa untuk mengetahui seberapa banyak pengetahuan yang dia pahami melalui beberapa cara misalnya role play, menjawab pertanyaan yang diberikan guru, dan juga latihan-latihan.
7. Providing Feedback (Reinforcement)
Setelah siswa menunjukkan pemahaman mereka atas pembelajaran yang diberikan, guru dapat memberikan umpan balik (feedbacks).
8. Assessing Performance (Retrieval)
Di tahapan ini guru memberikan beberapa tes atau pengujian mengenai topik yang dipelajari.
9. Enhancing Retention and Transfer (Generalization)
Di tahap akhir ini guru meningkatkan pemahaman siswa akan suatu topik melalui latihan-latihan yang bervariasi dan berbeda sebagai tindak lanjut pembelajaran.
Namun, tahapan-tahapan ini belum tentu dapat dilakukan secara runtut dan praktis dalam semua kondisi, misalkan karena keterbatasan waktu pembelajaran atau pada pembelajaran online.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H