Mohon tunggu...
Marsyanda Edelwies
Marsyanda Edelwies Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa semester akhir

Mahasiswa menuju semester akhir yang akan berangkat KKN ke Pulau yang juah, nantinya akan saya ceritakan banyak pengalaman menyenangkan disana

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Soto Betawi Ter-Viral di Jogja, Rekomendasi Sarapan Mahasiswa

23 Juni 2023   11:59 Diperbarui: 23 Juni 2023   12:05 531
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tempat rekomendasi kuliner legendaris khas Ibu Kota yang ada di Jogja. Soto Betawi merupakan salah satu kuliner khas Ibu Kota dengan cita rasa gurih. Menu sarapan satu ini menjadi salah satu andalan mahasiswa Jogja. Soto Betawi Hj Inten yang berlokasi di Jalan Kaliurang KM.6,5 No.18b, Kentungan, Condongcatur, Depok, Sleman. Warung ini berada di pinggir jalan tepatnya setelah KFC Kaliurang walaupun kecil terlihat plang berwarna hijau bertuliskan Soto Hj Inten. Warung makan ini menyediakan menu soto betawi dengan pilihan daging sapi dan juga ayam. Soto Betawi disini buka dari jam 6 pagi hingga jam 8 malam. Soto ini dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau untuk harga soto betawi yaitu Rp 17.000 untuk Soto Betawi daging dan Rp 15.000 untuk harga Soto Betawi ayam kampung. 

Satu porsi soto betawi berisi kentang, emping, tomat, dan daging atau ayam yang telah direbus lama dan sangat empuk ketika dimakan. Lalu, soto disiram dengan kuah susu yang gurih, tidak lupa ditaburi dengan daun bawang segar dan bawang goreng yang menambah cita rasa. Suapan pertama membuat saya geleng-geleng kepala, rasa gurih kuah susu dengan campuran wisman merupakan perpaduan yang cocok, tidak lupa menambahkan jeruk nipis dan sambal. Walaupun makan tanpa racikan jeruk nipis dan sambal juga sudah enak. 

Beberapa waktu lalu selepas olahraga, saya dan teman-teman menemukan soto betawi Hj Inten ini, dengan penuh harapan kami memutuskan untuk makan disini. Hari itu  kali pertamanya kami mencicipi kuliner khas ibu kota ini. "Recommended gak ini?" ucap salah satu teman saya. "Bismillah, kayanya si enak soalnya rame" kata saya menyakinkan mereka. Diluar ekspektasi rasanya benar-benar masuk di lidah kami. Perpaduan rasa kuah yang gurih dan asin membuat kami geleng-geleng kepala dan hening seketika sampai makanan kami habis. "Parah, enak bangett.... semua orang harus coba ini" ucap saya saat itu. "Fix bakal merekomendasikan ke semua orang" timpal salah satu teman saya. 

Sebagai orang awam yang baru pertama kali mencoba soto betawi ini merupakan good experience, dan saya terus kembali ke warung ini. Biasanya saya selalu memesan soto betawi daging dengan extra emping, dagingnya sangat lembut dan berulang kali saya berkata kuahnya memang juara. Bagi seluruh mahasiswa Jogja coba mencicipi soto betawi satu ini dijamin ketagihan dan akan kembali lagi. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun