Mohon tunggu...
Marsuki
Marsuki Mohon Tunggu... Programmer - Analis SEO

Siapa Marsuki? Saya adalah seorang Analis SEO

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Manfaat Menggunakan API Whatsapp Business

17 Maret 2022   19:15 Diperbarui: 17 Maret 2022   21:55 375
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

 Manfaat Menggunakan API WhatsApp Business :1. Menciptakan Merek yang Kredibel
2. Terhubung dengan Customer Dimana Saja
3. Akun Bisa Digunakan oleh Banyak Tim
4. Meningkatkan Penjualan dan Menurunkan Biaya

WhatsApp blast saat ini muncul sebagai aplikasi perpesanan yang digunakan oleh lebih dari 1,6 miliar konsumen di seluruh dunia dan API WhatsApp Business merupakan salah satu yang sangat mendukung perusahaan atau bisnis apapun mengembangkan customer service yang lebih nyaman.

API WhatsApp adalah cara yang cepat, sederhana, dan nyaman bagi bisnis untuk mengirim pesan, berbagi foto dan mengirim dokumen. Dengan peluncuran WhatsApp Business API, wa blast juga perusahaan di seluruh dunia juga ingin menggunakannya, dan Anda juga jangan sampai ketinggalan.

Alasan Menggunakan API WhatsApp Business

Di dunia teks, obrolan, posting, dan tweet omnichannel saat ini, konsumen semakin ingin berinteraksi dengan bisnis sebagaimana mereka terhubung dengan keluarga dan temannya.

 Ternyata aplikasi perpesanan seperti WhatsApp, LINE, dan Facebook messenger  memimpin sebagai saluran komunikasi pilihan yang digunakan saat ini.

Faktanya, sebagai saluran perpesanan paling populer di dunia, WhatsApp memimpin dengan pengguna di lebih dari 180 negara, dan mereka mengirimkan lebih dari 60 miliar pesan setiap hari. Lalu apa manfaat yang didapatkan dari menggunakan API WhatsApp Business itu sendiri?

1. Menciptakan Merek yang Kredibel

Memperkuat koneksi dengan customer adalah hal penting bagi sebagian besar bisnis, dan WhatsApp Business API bisa memenuhi itu.

Program ini memudahkan bisnis untuk berkomunikasi satu lawan satu dengan customer mereka. Dengan WhatsApp API, perusahaan bisa membuat 'Profil Bisnis' yang mudah diketahui customer.

Identitas bisnis yang unik dan sepenuhnya mewakili merek ini memungkinkan Anda untuk memberikan spesifik pesan seperti email dan kontak telepon, tautan media sosial, alamat toko, URL situs web, dan detail atau penawaran bisnis yang sesuai.

Lebih penting lagi, profil WhatsApp Business API Anda akan menjadi terverifikasi sehingga setiap interaksi dengan customer akan menjadi lebih terjamin. Ya, WhatsApp memverifikasi semua akun bisnis, supaya akun Anda tidak dikenal sebagai penipu.

Ketika menggunakan wa gateway maka profil bisnis akan bersifat wajib untuk didaftarkan sehingga identitas bisnis Anda di WhatsApp akan terjamin. Nantinya, profil bisnis Anda akan terlihat ikon verifikasi yang pastinya akan meningkatkan kepercayaan dan loyalitas customer.

2. Terhubung dengan Customer Dimana Saja

Coba diingat lagi, kapan sih terakhir kali telepon di rumah berdering? Atau kapan terakhir kali Anda mendapat surat via pos? Saluran komunikasi tradisional seperti itu sudah lama ditinggalkan karena solusi omnichannel jauh lebih nyaman.

Menurut studi Dimensions Data, sembilan dari sepuluh konsumen lebih suka menggunakan pesan untuk berkomunikasi dengan bisnis, dan, menurut Nielsen, 56% lebih suka mengirim pesan ke customer service daripada berbicara di telepon.

Ketika Anda beralih menggunakan API WhatsApp Business, maka program satu ini akan memudahkan Anda dalam mengirimkan pesan dalam sekali waktu Pindah ke WhatsApp Business API memungkinkan bisnis Anda mampu berkembang secara global, dan siapapun bisa mengirimkan pesan kepada Anda.

3.  Akun Bisa Digunakan oleh Banyak Tim

Setelah API terintegrasi dengan alat dukungan customer atau customer support tool,  maka sebagai pemilik bisnis, Anda tidak lagi membatasi berapa banyak pengguna yang dapat menggunakan akun dalam satu waktu.

Dengan API WA Business, maka Anda bisa membuat akun individual support untuk setiap anggota tim dan mengizinkan mereka menjawab customer tanpa pernah membagikan kredensial akun utama.

4.  Meningkatkan Penjualan dan Menurunkan Biaya

Saluran WhatsApp tidak terlalu dibatasi daripada call-back call center atau halaman arahan ketika Anda ingin sekali menjalankan kampanye pemasaran. Menjadi saluran pribadi, API WA Business menawarkan konversi yang lebih tinggi daripada situs web statis dan non-percakapan.

Analisis membuktikan bahwa aplikasi perpesanan atau chatbot dapat tiga hingga lima kali lebih efektif daripada call center dan menyelesaikan hingga 30% dari interaksi customer. Dengan demikian, call center atau tim customer support Anda dapat dirampingkan untuk mengurangi biaya tenaga kerja untuk bisnis Anda.

Ketika ada lebih banyak customer yang puas dengan layanan customer service Anda, maka bisnis Anda akan semakin dipercaya dan bisa meningkatkan penjualan di masa mendatang. Biaya yang perlu dikeluarkan ketika mengintegrasikan saluran WhatsApp API sedikit lebih murah dibandingkan dengan call center.

Jangan ragu untuk menggunakan API WhatsApp Business untuk bisnis Anda karena program ini dapat membantu Anda untuk mulai menyempurnakan hubungan bisnis dengan para customer Anda.

Sumber : https://retizen.republika.co.id/posts/51602/pengertian-wa-blast-api-dan-manfaatnya

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun