Mengembangkan Kepemimpinan Guru dan Murid
Bogor, 10 Juni 2024 - Sekolah Guru Indonesia (SGI) menggelar pelatihan untuk Angkatan 49 dengan fokus pada materi "Kepemimpinan Guru dan Murid." Bertempat di MI TAMAN ISLAM . Pelatihan yang berlangsung selama  7 jam , mulai pukul 08.00 - 15.00 ini diikuti oleh 23 guru dari 9 Kepala Sekolah Madrasah dan 15 guru wilayah Cibungbulang -Kabupaten Bogor Jawa Barat. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan para guru sekaligus menanamkan nilai-nilai kepemimpinan pada murid. Di Dampingi Fasilitator SGI, guru Marni Lestarina, Guru Destiara Dwi Anggraeni dan Guru Siti Julaeha sebagai Pemateri.
Tahap Pretest: Mengukur Awal Kompetensi Peserta
Kegiatan diawali dengan pretest yang bertujuan untuk mengukur kompetensi awal para peserta. Pretest ini mencakup berbagai aspek kepemimpinan, termasuk kemampuan komunikasi, pengambilan keputusan, dan manajemen kelas. Hasil dari pretest ini digunakan untuk merancang materi pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan peserta.
Materi Pelatihan: Mendalami Kepemimpinan yang Efektif
Selama pelatihan, peserta mendapatkan berbagai materi yang dibawakan oleh para ahli dan praktisi di bidang pendidikan. Materi meliputi konsep dasar kepemimpinan, strategi membangun budaya sekolah yang positif, serta teknik menginspirasi dan memotivasi murid. Para peserta juga diajarkan cara mengidentifikasi potensi kepemimpinan dalam diri murid dan mengembangkan program yang mendorong partisipasi aktif mereka dalam kegiatan sekolah.
Tugas: Mengaplikasikan Teori ke Praktik
Peserta diberi tugas untuk mengaplikasikan teori yang telah dipelajari melalui simulasi dan studi kasus. Tugas ini dirancang untuk memberikan pengalaman praktis dalam mengatasi tantangan kepemimpinan yang mungkin dihadapi di sekolah. Setiap kelompok peserta diminta untuk menyusun rencana aksi kepemimpinan yang dapat diimplementasikan di sekolah mereka masing-masing.
Presentasi dan Refleksi: Berbagi Pengalaman dan Pembelajaran
Pada sesi presentasi, setiap kelompok memaparkan hasil tugas mereka di depan peserta lain dan para mentor. Presentasi ini memberikan kesempatan untuk mendapatkan masukan konstruktif dan berbagi pengalaman antar peserta. Setelah presentasi, sesi refleksi dilakukan untuk mengevaluasi pembelajaran yang telah diperoleh selama pelatihan. Peserta diminta untuk menuliskan refleksi pribadi tentang pengembangan diri mereka sebagai pemimpin dan bagaimana mereka akan menerapkan pengetahuan baru ini di sekolah mereka.