Mohon tunggu...
Lina Hafs
Lina Hafs Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wirausaha

Hanya seorang wanita sederhana yang senang menulis walau tak ada yang membaca...

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Meja Pesawat Harus Dilipat Saat Lepas Landas dan Landing

11 Juli 2023   20:40 Diperbarui: 11 Juli 2023   20:43 173
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beberapa waktu lalu saya bersama beberapa rekan kerja berkunjung ke luar kota menggunakan pesawat. Seperti biasa ada beberapa intruksi yang di sampaikan oleh awak kabin, setiap kali melakukan penerbangan. Hal yang sering saya dengar salah satunya adalah melipat meja sebelum pesawat lepas landas. Jujur saya selama ini tidak tau persis alasannya mengapa harus di lipat sebelum lepas landas, apa hubungannya ?? Kalau sekedar menggunakan sabuk pengaman, masih bisa masuk dalam nalar saya. 

Dan beberapa hari lalu saya bertemu murid saya, maklum saya mantan guru di sebuah sekolah negri yang kemudian resign saat melahirkan. Si cantik Mutia kini sudah menjadi pramugari dan menikah dengan seorang dokter gigi. Tak sengaja bertemu di sebuah cafe coffee di kota kecil tempat kami tinggal, banyak bercerita tentang kisah hidupnya bahkan mengingatkan masa lalunya saat saya mengajar di kelasnya dulu. "Photo ibu masih saya simpan" katanya dengan wajah ceria, kala itu belum ada hp canggih seperti saat ini, baru ada camera digital di sekitar tahun 2007 silam. 

Kesempatan bagi saya bertanya, "Mut, kenapa sih tiap pesawat lepas landas atau saat landing selalu ada intruksi untuk melipat meja ?"... "Owh itu..." lantas Mutia menjelaskan dengan bahasa yang gampang di pahami, secara Mutia sekarang tumbuh menjadi wanita cantik dan lebih pintar dari bu guru yang galak ini. 

Jadi...dengan melipat meja, maka dapat membantu penumpang agar terhindar dari cidera apabila pesawat mengalami benturan atau deselerasi mendadak. Jika meja dalam posisi terlipat, maka akan dapat membantu penumpang untuk bergerak lebih leluasa terutama jika terjadi evakuasi. Bayangkan saja jika saat terjadi insiden dalam pesawat saat lepas landas atau saat landing, tapi ada meja yang tidak terlipat, penumpang akan mengalami kesulitan.

Melipat meja merupakan bagian dari regulasi yang di terapkan oleh FAA sebuah pengawas keselamatan penerbangan di AS, yang bertujuan menyelamatkan hidup penumpang saat terjadi pristiwa darurat. Dalam perundang-undangan FAA pasal 121 di jelaskan bahwa meja makan dan minuman penumpang, troli makanan, dan (jika ada) televisi di dalam pesawat harus di simpan dan diamankan sebelum lepas landas.

Lepas landas dan landing merupakan fase penerbangan paling kritis.  Menurut sebuah studi tahun 2014 yang dilakukan oleh Boeing, lebih dari 60 persen dari semua kecelakaan fatal terjadi selama lepas landas dan pendaratan.

Baca juga: Menepi

Akhir pertemuan di cafe, tentunya photo-photo bersama sekedar menjadi kenang-kenangan. Senang rasanya walau sudah tak lagi mengajar, melihat murid sudah menjadi sukses dalam karirnya dan yang terpenting masih ingat gurunya sampai-sampai gaya mengajar saya masih dia hapal. Saya gualak loh kalau ngajar...Ups 

*

@Lina_Hafs

#Lombok

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun