Mohon tunggu...
marissa widya
marissa widya Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya adalah seorang mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penggunaan Gadget pada Anak Sekolah Dasar

16 Juni 2024   10:43 Diperbarui: 16 Juni 2024   10:48 54
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Penggunaan gadget pada anak sekolah dasar merupakan topik yang penting dan kompleks dalam konteks pendidikan dan perkembangan anak. Terdapat dampak positif dan negatif yang didapat dari penggunaan gadget serta solusi untuk mengatasi dampak negatif. Penggunaan gadget pada anak sekolah dasar dapat memberikan dampak positif yang signifikan jika dikelola dengan bijak dan terarah. Berikut beberapa dampak positifnya:

1. Akses terhadap Informasi dan Pembelajaran

Anak-anak dapat mengakses berbagai sumber informasi, seperti aplikasi pendidikan, e-book, dan video pembelajaran, yang mendukung pembelajaran mereka di sekolah. Ini memungkinkan mereka untuk belajar secara mandiri dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap berbagai materi pelajaran.

2. Pengembangan Keterampilan Teknologi

Penggunaan gadget membantu anak-anak untuk mengembangkan keterampilan teknologi yang diperlukan di era digital ini. Mereka belajar cara menggunakan perangkat lunak, aplikasi, dan platform online dengan cara yang produktif.

3. Stimulasi Kreativitas

Anak-anak dapat menggunakan gadget untuk mengembangkan kreativitas mereka melalui berbagai aplikasi kreatif, seperti aplikasi gambar, video editing, atau pembuatan musik. Ini memberi mereka kesempatan untuk mengekspresikan ide-ide mereka secara visual dan auditif.

4. Pembelajaran Interaktif dan Menyenangkan

Aplikasi pendidikan dan game edukatif di gadget bisa membuat pembelajaran menjadi lebih interaktif, menarik, dan menyenangkan bagi anak-anak. Mereka dapat belajar dengan cara yang lebih visual dan dinamis, yang dapat meningkatkan minat mereka dalam belajar.

5. Pengembangan Kemampuan Problem Solving

Beberapa aplikasi dan game edukatif dirancang untuk mengajarkan anak-anak cara memecahkan masalah dan berpikir kritis. Mereka diajak untuk memecahkan tantangan, mengembangkan strategi, dan mengasah kemampuan berpikir logis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun