Mohon tunggu...
Marisa Fitri
Marisa Fitri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah salah satu mahasiswa semester 6. Saya memiliki hobi membaca dan menulis karya sastra.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: Kilas Balik Alur Taman Kuno

13 September 2024   14:55 Diperbarui: 13 September 2024   15:54 24
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Di sebuah kota kecil yang terletak di antara perbukitan hijau dan sungai yang mengalir tenang, terdapat sebuah taman kuno yang dikenal dengan keindahannya yang misterius. Taman ini telah ada sejak ratusan tahun lalu dan selalu menjadi subjek berbagai cerita dan legenda. Dikenal sebagai "Taman Seribu Kenangan," taman ini dipercaya menyimpan rahasia dan kisah-kisah lama yang menunggu untuk ditemukan.

Elena, seorang arkeolog muda yang baru lulus dari universitas, sedang berada di kota tersebut untuk penelitian proyeknya. Dia tertarik pada taman ini setelah membaca berbagai referensi tentang sejarah dan legenda yang menyelimutinya. Elena ingin mengetahui lebih lanjut tentang taman tersebut, terutama setelah mendengar cerita tentang sebuah patung kuno yang diyakini memiliki kekuatan magis.

Pada suatu pagi yang cerah, Elena memutuskan untuk menjelajahi taman. Taman itu dipenuhi dengan pepohonan tua, bunga-bunga langka, dan jalur setapak yang berliku. Meskipun sudah lama tidak dirawat dengan baik, keindahan taman tetap terpancar melalui aura kunonya.

Elena berjalan menyusuri jalur setapak, mencatat berbagai detail dan mengambil foto-foto. Tiba-tiba, dia melihat sebuah patung kuno yang terletak di tengah-tengah taman. Patung itu adalah seorang wanita yang mengenakan gaun panjang, dengan ekspresi yang penuh kedamaian. Di sekitar patung, terdapat bunga-bunga liar yang tumbuh subur.

Elena mendekati patung dan melihat bahwa ada sebuah prasasti kecil di dasar patung. Prasasti itu tertutup lumut dan kotor, tetapi Elena dapat membaca beberapa kata yang tertulis di atasnya: "Untuk Kenangan yang Terlupakan."

Penasaran, Elena memutuskan untuk menggali lebih dalam. Dia mulai membersihkan area di sekitar patung dan menemukan sebuah kotak logam kecil yang tersembunyi di bawah tanah. Dengan hati-hati, Elena membuka kotak tersebut dan menemukan beberapa benda antik---foto-foto lama, surat-surat, dan sebuah buku kecil yang sudah sangat tua.

Elena membuka buku tersebut dan menemukan bahwa itu adalah jurnal yang ditulis oleh seseorang bernama Maria pada abad ke-19. Dalam jurnalnya, Maria menulis tentang hidupnya di taman tersebut dan hubungannya dengan seorang pria bernama Victor. Maria menggambarkan taman sebagai tempat suci dan penuh makna, di mana dia dan Victor sering menghabiskan waktu bersama.

Dalam salah satu entri, Maria menulis tentang sebuah peristiwa tragis yang terjadi di taman. Victor, yang merupakan seorang penulis terkenal, terlibat dalam sebuah skandal yang merusak reputasinya. Untuk melarikan diri dari tekanan dan pengawasan, Victor melarikan diri dari kota, meninggalkan Maria dan taman yang mereka cintai.

Maria merasa putus asa dan memutuskan untuk meninggalkan pesan terakhir di taman sebagai kenangan untuk Victor dan kisah mereka. Dia menulis bahwa dia akan selalu menunggu di taman, berharap suatu hari Victor akan kembali dan mereka dapat bersatu kembali.

Membaca jurnal tersebut, Elena merasakan kedekatan emosional dengan kisah Maria dan Victor. Dia memutuskan untuk menggali lebih dalam dan mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi dengan Victor dan apakah dia pernah kembali ke taman seperti yang diinginkan Maria.

Elena melakukan penelitian lebih lanjut di arsip lokal dan menemukan beberapa dokumen tentang Victor. Ternyata, setelah melarikan diri, Victor menghilang dari publikasi dan tidak pernah ditemukan. Ada spekulasi bahwa dia mungkin telah meninggal di tempat yang jauh, tetapi tidak ada bukti yang jelas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun