Mohon tunggu...
Marisa
Marisa Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswa

Nama : Marisa Prodi : Administrasi Bisnis Fakultas : Ilmu Administrasi Typografy menjadikan hobi diwaktu senggang dan mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Meningkatkan Daya Saing dengan Strategi Distribusi Berbasis Teknologi

4 Februari 2024   16:26 Diperbarui: 4 Februari 2024   16:37 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Meningkatkan Daya Saing dengan Strategi Distribusi Berbasis Teknologi

Distribusi merujuk pada proses pengiriman produk atau layanan dari produsen atau penyedia ke konsumen atau pemakai akhir. Ini melibatkan sejumlah kegiatan, termasuk transportasi, penyimpanan, manajemen stok, dan penyortiran untuk memastikan produk sampai ke tujuan dengan efisien. Teknologi dan strategi distribusi dapat berperan penting dalam memenuhi kebutuhan pelanggan dan menjaga kelancaran rantai pasokan perusahaan.

Ekonomi bisnis dan distribusi memiliki hubungan yang erat dan saling memengaruhi dalam bisnis modern. Distribusi memainkan peran penting dalam rantai nilai ekonomi bisnis, dan transformasi dalam strategi distribusi dapat memiliki dampak signifikan pada kinerja dan keberlanjutan perusahaan

Dalam era bisnis yang terus berubah, distribusi tidak hanya sekadar logistik tetapi menjadi kunci utama untuk mencapai keunggulan kompetitif. Dalam hal ini kita tahu bagaimana penerapan teknologi dalam strategi distribusi menjadi langkah penting bagi perusahaan yang ingin tetap efektif dan efisien.

Distribusi berbasis teknologi, memungkinkan perusahaan memahami dengan lebih baik rantai pasok mereka. Hal ini tidak hanya meningkatkan efisiensi dalam proses distribusi, tetapi juga memberikan wawasan mendalam terhadap preferensi pelanggan, memungkinkan personalisasi yang lebih baik dalam penawaran produk dan layanan.

Strategi distribusi yang memanfaatkan teknologi dapat memberikan pengalaman pelanggan yang baik dan responsif, mengakomodasi ekspektasi yang semakin tinggi di pasar yang kompetitif.

Contoh pendistribusian digital barang melibatkan penjualan dan pengiriman produk fisik melalui platform online. Misalnya, toko e-commerce seperti Shopee atau Lazada memungkinkan penjual untuk mendistribusikan barang secara digital dengan proses pesanan, pembayaran, dan pengiriman yang dilakukan secara elektronik.

Dengan adanya pendistribusian digital ini mampu berdaya saing secara global, biaya yang dikenakan relatif lebih murah dibanding secara offline atau langsung. Tetapi juga memiliki dampak negatif seperti ketidaksesuaian barang serta kualitas yang diberikan jauh dari yang diharapkan tetapi dari situ perusahaan harus lebih berhati-hati dalam pendistribusian barang

Selain itu, pentingnya fleksibilitas dalam distribusi. Dengan adanya teknologi yang tepat, perusahaan dapat membangun sistem distribusi yang dapat beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan dalam permintaan pasar atau kondisi operasional yang tidak terduga.

Kondisi operasional yang tidak terduga dapat mencakup berbagai hal, seperti bencana alam, krisis ekonomi, dan perubahan regulasi.

Sistem distribusi yang tanggap terhadap perubahan ini dapat melibatkan strategi fleksibel dalam manajemen rantai pasokan, stok yang disesuaikan, dan pemantauan secara berkala untuk penyesuaian cepat terhadap perubahan kondisi tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun