Mohon tunggu...
Mario Senduk
Mario Senduk Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

MENYOROT PERJALANAN MULTIMEDIA

2 Februari 2018   16:06 Diperbarui: 9 Februari 2018   04:00 735
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Multimedia merupakan istilah yang terkadang memiliki pandangan yang beragam ketika kita bertanya mengenai definisinya. Ketika mendengar kata multimedia, mungkin beberapa orang akan mengartikannya sebagai kumpulan dari media seperti audio, musik, video, dan sebagainya. Seorang murid dari ilmu komputer memiliki pandangan yang berdasarkan aplikasi yang ada, yaitu aplikasi yang di dalamnya bisa menggunakan teks, gambar, animasi, video, suara dan yang terpenting adalah interaktif.

Dalam hal ini, semua media yang kita lihat sebagai video, permainan berbasis digital, telvisi, internet, dan seterusnya adalah teknologi yang bisa dikatakan sebagai multimedia. Konvergensi yang sedang terjadi dalam dunia media dan teknologi adalah sebuah area yang dulunya terpisah, kemudian sekarang bisa saling berbagi satu sama lain. Grafis, visualisasi, komputer, kompresi data, jaringan, sistem penyimpanan data, semuanya memiliki kontribusi yang penting untuk membuat multimedia ada saat ini.

KOMPONEN MULTIMEDIA

         Kegunaan yang beragam dari sebuah teks, audio, gambar, animasi, dan video dalam multimedia digunakan dalam hal yang beragam juga seperti :

  • Video Telekonferenz
  • Pembelajaran untuk pendidikan tinggi
  • Telemedizin
  • Lingkungan kerja yang kooperatif yang menyediaka para pebisnis untuk bisa memodifikasi dokumen atau sekolah untuk bisa membagikan permainan yang bisa dilakukan melalui multimedia
  • Mencari video dan gambar dengan ukurang yang besar
  • Menggunakan rekognisi suara untuk membangun lingkungan yang lebih interaktif
  • Membuat komponen multimedia mudah untuk dimodifikasi, sehingga pengguna bisa dengan mudah untuk menentukan konten apa yang ingin dilihat atau tidak.

Dari sudut pandang anak ilmu komputer, yang membuat multimedia ini menarik adalah banyaknya materi yang bisa digunakan dalam komputer tradisional. Contohnya adalah jaringan, sistem operasi, pengembalian informasi seperti penyimpanan data. Multimedia mencakup banyak dari yang dulu komputer tradisional tidak bisa lakukan.

 TOPIK DAN PROYEK PENELITIAN MULTMEDIA

  • Multimedia processing and coding. Hal ini termasuk analisis konten, keamanan, proses audio/gambar/video, dan sebagainya
  • Multimedia system support and networking. Masyarakat atau pun perusahaan digital dan non digital melihat topik seperti internet, sistem operasi, server and clients, kualitas pelayanan, dan penyimpanan data sebagai hal yang penting dalam multimedia.

Keprihatinan dari multimedia yang muncul di kalangan peneliti juga berdampak pada hampir semua bidang ilmu komputer. Contohnya, penggalian data merupakan penelitian yang penting dalam area penelitian dan penyimpanan data yang besar dalam multimedia dalah contoh yang baik dari apa yang menarik kita untuk menggali sebuah data.

SEJARAH MUTIMEDIA

Sejarah dari kegunaan multimedia adalah untuk mengkomunikasikan sebuah ide yang dimulai melalui koran, yang adalah media komunikasi pertama menggunakan teks, gambar, dan grafis. Gambar bergerak pada mulanya dikenalkan di tahun 1830 untuk memantau gerakan yang terlalu cepat dilihat oleh mata. Film senyap muncul di tahun 1910, dan berakhir di tahun 1927 ketika The Jazz Singer muncul di tahun tersebut. Televisi adalah media baru di abad 20. Televisi menggunakan video sebagai media dan telah mengubah dunia komunikasi masa.

            Koneksi antara komputer dan ide tentang multimedia ternyata hanya terjadi dalam periode yang pendek :

  • 1945. Setelah perang dunia, 6000 ilmuwan mulai fokus mengerjakan Memex. Memex adalah sistem hypermedia yang diperuntukan untuk bisa digunakan sebagai alat penyimpanan data. Memex adalah cikal bakal dari World Wide Web.
  • 1960. Ted Nelson memulai proyek Xanadu dan memunculkan istilah "hypertext".
  • 1991. MPEG-1 disetujui sebagai standar untuk internasional digital video. Perkembangan selanjutnya mengarah kepada MPEG-2, MPEG-4 dan seterusnya.
  • 1992. JPEG diterima sebagai standar untuk internasional digital image compression. Perkembangan selanjutnya mengarah kepada JPEG2000.
  • 1995. JAVA language dibuat.
  • 1996. DVD video diperkenalkan. Format DVD dijanjikan bisa mentransformasikan musik, permainan, dan industri komputer.
  • 1998. Alat untuk mendengarkan MP3 pertama dibuat dengan kemampuan untuk menyimpan data sebesar 32MB.
  • 2000. World Wide Web (WWW) diperkirakan mencapai 1 juta halaman.

HYPERMEDIA DAN MULTIMEDIA

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun