Transformasi Perilaku Siswa Melalui Bimbingan Kelompok: Menerapkan Nilai Suki Toka Apa untuk Membangun Sikap Pro-sosial di SMPN 4 Kota Kupang
Di SMPN Â Kota Kupang, upaya untuk meningkatkan perilaku prososial siswa menjadi fokus utama melalui penerapan bimbingan kelompok yang mengintegrasikan nilai kearifan lokal Suki Toka Apa. Nilai ini, yang berarti "saling mendukung dan menolong," sangat relevan dalam membentuk karakter siswa di era modern.
Dengan menggunakan teknik modeling symbolic, siswa diperkenalkan pada perilaku prososial melalui media visual seperti video. Pendekatan ini memungkinkan siswa untuk melihat contoh nyata dari perilaku yang diharapkan, sehingga lebih mudah diinternalisasi. Diskusi dan refleksi setelah menonton video membantu siswa memahami penerapan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
Hasil dari penerapan teknik ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan antar siswa, serta mendorong mereka untuk menunjukkan empati dan kepedulian sosial. Meskipun ada tantangan dalam penerapannya, pendekatan ini menawarkan solusi inovatif untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif dan mendukung perkembangan sosial dan emosional siswa.
Dengan demikian, bimbingan kelompok yang bermuatan nilai Suki Toka Apa tidak hanya berkontribusi pada perilaku prososial siswa, tetapi juga memperkuat identitas budaya mereka, menjadikan mereka individu yang lebih peduli dan siap berkontribusi positif bagi masyarakat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H