Mohon tunggu...
MARIO MARTIN
MARIO MARTIN Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya memiliki minat yang besar dalam dunia pendidikan, terutama dalam pengembangan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif. Saya percaya bahwa pendidikan yang baik dapat mengubah hidup seseorang dan berkontribusi pada kemajuan masyarakat. Saya tertarik untuk mengeksplorasi berbagai pendekatan, termasuk penggunaan teknologi dan kearifan lokal dalam proses pembelajaran.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Transformasi Perilaku Prososial Siswa Melalui Bimbingan Kelompok: Menerapkan Nilai Suki Toka Apa Untuk Membangun Sikap Prososial di SMPN Kupang

10 November 2024   08:31 Diperbarui: 10 November 2024   08:38 44
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Transformasi Perilaku Siswa Melalui Bimbingan Kelompok: Menerapkan Nilai Suki Toka Apa untuk Membangun Sikap Pro-sosial di SMPN 4 Kota Kupang

Di SMPN  Kota Kupang, upaya untuk meningkatkan perilaku prososial siswa menjadi fokus utama melalui penerapan bimbingan kelompok yang mengintegrasikan nilai kearifan lokal Suki Toka Apa. Nilai ini, yang berarti "saling mendukung dan menolong," sangat relevan dalam membentuk karakter siswa di era modern.

Dengan menggunakan teknik modeling symbolic, siswa diperkenalkan pada perilaku prososial melalui media visual seperti video. Pendekatan ini memungkinkan siswa untuk melihat contoh nyata dari perilaku yang diharapkan, sehingga lebih mudah diinternalisasi. Diskusi dan refleksi setelah menonton video membantu siswa memahami penerapan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Hasil dari penerapan teknik ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan antar siswa, serta mendorong mereka untuk menunjukkan empati dan kepedulian sosial. Meskipun ada tantangan dalam penerapannya, pendekatan ini menawarkan solusi inovatif untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif dan mendukung perkembangan sosial dan emosional siswa.

Dengan demikian, bimbingan kelompok yang bermuatan nilai Suki Toka Apa tidak hanya berkontribusi pada perilaku prososial siswa, tetapi juga memperkuat identitas budaya mereka, menjadikan mereka individu yang lebih peduli dan siap berkontribusi positif bagi masyarakat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun