Mohon tunggu...
Mario Amarya
Mario Amarya Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance

Saya hobi menulis dan saat ini sedang mencari pekerjaan tetap yang berhubungin dengan menulis dan menerjemahkan.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

20% Extrovert & 80% Introvert, Itulah Aku...

2 Januari 2024   20:05 Diperbarui: 2 Januari 2024   20:22 296
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi seseorang yang bisa extrovert dan juga bisa introvert. Sumber: Istockphoto (RerF)

Hari ini , 2 Januari 2024 diperingati sebagai Hari Introvert Sedunia. Sebagaimana yang diketahui, Intovert adalah kepribadian yang menarik diri, pendiam, suka menyendiri,  tenang, dan suka melakuan segala sesuatunya secara mandiri serta dengan hati-hati. Jika ada yang mengatakan bahwa seorang yang mempunyai kepribadian introvert ini sangat sulit untuk mempunyai teman atau tidak punya teman, maka salah besar. 

Seorang introvert justru bisa mempunyai teman, hanya saja ketika sudah terlanjur nyaman dengan teman tersebut dia tidak mau mencari teman yang baru atau justru kesulitan jika harus mencari teman yang baru. Bahkan seorang introvert juga sangat selektif dalam berteman, karena takut memiliki teman yang suka menjerumuskan. 

Nah, berbicara mengenai intovert, saya sendiri adalah salah seorang yang termasuk memiliki kepribadian tersebut. Namun, hanya sekitar 80% kepribadian introvert yang saya miliki, sisanya 20% adalah extrovert. 

Dokumentasi pibadi.
Dokumentasi pibadi.

Jujur, selama 27 tahun saya hidup didunia ini baru kali ini saya memahami apa itu introvert dan extrovert. Dan setelah mengetahui artinya dan ciri-cirinya, ternyata saya masuk dalam golongan orang yang introvert. Dan saya memang sangat suka menyendiri dan menyukai ketenangan. 

Saya juga sesaat atau sebagian besar adalah orang yang pendiam dan selalu menghabiskan waktu seorang diri. Tapi bukan berarti saya sulit untuk mendapatkan teman dan juga bukan berarti orang yang tidak suka bergaul. Seperti judul artikel yang saya cantumkan, saya memiliki kepribadian intorvert 80% dan extrovert 20%. 

Jadi, saya masih ada sebagian kecil kepribadian yang extrovert. Karena saya sendiri juga menyukai keramaian dan perkumpulan, termasuk kumpul keluarga besar dan juga kumpul teman-teman. Tapi dalam hal berteman, saya termasuk orang yang sangat selektif dalam memilih dengan siapa saya berteman. 

Karena saya bisa membedakan mana teman yang benar-benar baik, tulus, dan tidak suka menjerumuskan dan mana teman yang hanya sukanya memanfaatkan dan tidak bisa dinasehati dan bahkan suka menjerumuskan. Itulah mengapa dulu saya selalu berganti-ganti teman, karena tidak ada yang bisa mengerti karakter saya. Tapi sekarang, saya memiliki beberapa teman yang satu frekuensi dengan saya dan saya juga sangat terbuka dan ramah terhadap orang-orang yang baru saya kenal. 

Saya juga mudah dan gampang akrab dengan semua orang dan teman yang baru saya kenal dan saya temui. Karena ada beberapa yang sefrekuensi dengan saya dan nyambung jika diajak berbicara dan ngobrol. Itulah sisi extrovert yang saya miliki.

Dokumentasi pribadi.
Dokumentasi pribadi.
Dokumentasi Pribadi.
Dokumentasi Pribadi.
Dokumentasi Pribadi.
Dokumentasi Pribadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun