Mohon tunggu...
Mario Amarya
Mario Amarya Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance

Saya hobi menulis dan saat ini sedang mencari pekerjaan tetap yang berhubungin dengan menulis dan menerjemahkan.

Selanjutnya

Tutup

Raket Pilihan

2023, Tahun Kebangkitan dan Bersinarnya Pebulutangkis Tunggal Putra Indonesia

18 Desember 2023   08:47 Diperbarui: 18 Desember 2023   08:55 263
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ginting, Jojo, Chico, Adinata, Saut, dan Alwi. Sumber: getty images, Djarum Badminton, & PB Djarum.

Siapa disini yang suka nonton badminton a.k.a Badminton Lovers? Pasti semuanya suka sekali menonton olahraga yang selalu menghadirkan atmosfer keramaian tersendiri dan juga selalu menyuguhkan aksi-aksi yang membat penontonnya 'senam jantung'. Benar sekali, bukan? 

Ya, Badminton atau bulutangkis adalah salah satu olahraga yang paling banyak peminatnya dan penontonnya selain Sepakbola dan Basket. Olahraga yang pertama kali dipopulerkan oleh Inggris ini jyga telah melahirkan banyak pemain-pemain di seluruh dunia dengan skill dan kualitas terbaik serta selalu berprestasi, termasuk Indonesia. 

Bulutangkis di Indonesia juga sangat banyak penontonnya, dan apaagi para pemainnya. Pebulutangkis Indonesia dari jaman dulu hingga sekarang selalu meraih prestasi di berbagai kompetisi dan di tiap 5 sektornya: Ganda Putra, Ganda Putri, Ganda Campuran, Tunggal Putra, dan Tunggal Putri. 

Namun, yang paling sering ditakuti oleh lawan negara lain adalah ganda putra. Ganda putra Indonesia selalu menjadi 'tulang punggung' kompetisi jika di sektor lain gagal meraih gelar. 

Namun di tahun 2023 ini, ganda putra prestasinya dan juga performanya semakin menurun semenjak terakhir kali menyumbang gelar di All England 2023 lalu. 

Walaupun demikian, ada salah satu sektor yang sekarang sedang mulai bangkit kembali dan menunjukkan taring serta sinarnya, yaitu tunggal putra. Setelah terakhir kali tunggal putra Indonesia berjaya di era Taufik Hidayat, prestasi tunggal putra lainnya kurang konsisten dan sering minim gelar. 

Namun di beberapa tahun kemudian, terbitlah bibit-bibit muda penerus Taufik Hidayat yang mempunyai kemampuan dan skill yang bagus. Ada Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Shesar Hiren Rhustavito, Chico Aura Dwi Wardoyo, dan masih banyak lagi. 

Beberapa tahun terakhir mereka selalu bergantian meraih gelar di beberapa turnamen individu, dan yang paling baru adalah ketika generasi baru tunggal putra tersebut berhasil membawa Indonesia juara Thomas Cup 2020. 

Di tahun 2023 ini, sepertinya bisa dibilang bahwa tunggal putra Indonesia mulai bangkit dan mulai bersinar. Ada beberapa pemain muda yang bersinar dan unjuk gigi dalam turnamen individu maupun beregu. Dan masing-masing dari mereka juga sudah meraih gelarnya masing-masing. 

Jonatan 'Jojo' Christie yang meraih 3 gelar dan 1 runner-up

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Raket Selengkapnya
Lihat Raket Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun