Mohon tunggu...
Mario Amarya
Mario Amarya Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance

Saya hobi menulis dan saat ini sedang mencari pekerjaan tetap yang berhubungin dengan menulis dan menerjemahkan.

Selanjutnya

Tutup

Diary

Hidup Memang Keras & Tidak Adil, Jadi Harus Terbiasa dan Jangan Menyerah...

26 Oktober 2023   13:54 Diperbarui: 26 Oktober 2023   14:13 113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Jangan pernah menyerah dalam hidup, yakinlah bahwa kamu tidak sendiri dan kamu itu istimewa. Sumber: getty images (Esra Sen Kula)

Beberapa bulan ini Indonesia darurat kesehatan mental dan juga darurat kasus bunuh diri. Dan kebanyakan yang melakukan kasus bunuh diri itu adalah mahasiswa. Berdasarkan data dari Website Databoks, tercatat sudah ada 971 kasus bunuh diri sampai dengan bulan Oktober 2023, dan paling banyak terjadi di Jawa Tengah dengan 356 kasus. Banyak yang melakukan aksi bunuh diri tersebut karena masalah depresi, lingkungan sosial, berkelahi dengan teman, dan faktor lingkungan lainnya yang membuat seseorang menjadi frustrasi dan memutuskan untuk menyerah. Padahal bunuh diri itu sangatlah dilarang dalam ajaran agama apapun. 

Memang hidup di dunia ini penuh dengan rintangan, halangan, dan cobaan. Hidup itu juga sangatlah keras dan penuh dengan perjuangan, dan bahkan semua orang menganggap bahwa hidup itu tidak adil. Itu semua memang benar adanya, namun janganlah menjadikan bunuh diri sebagai pilihan untuk mengakhiri hidup. Kalian ini, kita semua ini adalah makhluk ciptaan Tuhan. Dan kalau boleh saya mengatakan, kita ini adalah ciptaan Tuhan yang istimewa dan spesial. Jadi jika kalian punya keinginan untuk bunuh diri, itu berarti kalian tidak menganggap diri kalian istimewa dan spesial. Tuhan itu baik, sunggu amat baik. Tuhan itu sudah membuat rencana yang indah untuk hidup kita, meskipun kita harus menunggu lama kapan rencana Tuhan itu akan hadir dalam hidup kita. Dan kita juga diizinkan untuk mengalami yang namanya cobaan, rintangan, dan halangan dalam kehidupan ini karena Tuhan ingin menguji seberapa kuat iman kita dan seberapa tangguhkah kita dalam melewati semua itu. Buat kalian yang merasa bahwa hidup itu tidak adil dan rasanya ingin menyerah dan putus asa, kalian tidak sendiri. Banyak dari kita yang semuanya mengalami depresi, tekanan hidup yang berat, cobaan yang bertubi-tubi, namun tidak mudah menyerah dan tidak kepikiran untuk mengakhiri hidupnya. Yang mereka dan yang kita lakukan adalah justru makin dekat dengan Tuhan dan berserah diri kepadaNya untuk memohon petunjuk-Nya dan selalu rajin berdoa. 

Cintailah diri sendiri, dan sayangi diri anda. Sumber: getty images (tolgart)
Cintailah diri sendiri, dan sayangi diri anda. Sumber: getty images (tolgart)

Jujur saja, saya pernah mengalami semua hal yang membuat saya hampir menyerah dan hampir depresi. Saya pernah dibully waktu SMP kelas 7, saya pernah mendapatkan nilai ulangan dan raport yang jelek, saya pernah bermasalah dengan dosen, saya selalu gagal dalam mendapatkan asmara, dan saya juga berkali-kali gagal dalam mendapatkan perkerjaan impian saya. Tapi apakah pernah saya berpikiran untuk mengakhiri hidup? Sama sekali tidak. Justru saya semakin mendekatkan diri kepada Tuhan dan tetap fokus kepada jalan hidup saya. Meskipun peristiwa dan kegagalan tersebut membuat saya terluka, tapi saya tetap fokus dan tidak akan pernah menyerah. Jalan hidup saya masih panjang, dan saya juga tetap sabar menantikan rencana Tuhan datang untuk saya. Saya senantiasa bersyukur kepada Tuhan akan pemberianNya, dan saya selalu berpengharapan penuh kepada Tuhan serta sabar menunggu kapan rencana dan janji Tuhan akan digenapi untuk saya. Saya juga menyadari bahwa banyak orang seperti saya yang juga mengalami peristiwa dan kegagalan yang menyakitkan, namun tetap senantiasa fokus pada impiannya dan pantang menyerah. 

Hidup itu memang keras dan tidak adil, kawan. Namun, harus tetap terbiasa akan hal tersebut, harus tetap menjalaninya dengan tenang, dan yang penting adalah JANGAN MENYERAH! Memang banyak orang yang diizinkan Tuhan untuk hadir hanya sekedar untuk menjatuhkan kita, untuk menyakiti hati kita, dan iri terhadap kita. Tapi, ingatlah pepatah 'Biarlah anjing menggonggong, khafilah berlalu.' Jadi, mau orang-orang tersebut menyakiti kita dan menjatuhkan kita, tetap cuek saja dan jangan pedulikan. Bagi kalian yang korban bullying yang tidak mendapatkan keadilan, tenang saja. Ingatlah akan yang namanya karma. Kalian yang jadi korban bullying suatu saat nanti akan menjadi orang yang hebat dan disegani semua orang, sedangkan yang membully kalian akan mengalami nasib yang berbeda dari kalian dan akan mendapatkan musibah yang setimpal dari perbuatannya terhadap kalian. Bagi kalian yang sedang skripsi dan skripsi kalian sering ditolak, janganlah menyerah. Tenangkan dulu diri kalian dan refleksi diri. Apa yang salah dengan skripsi kalian atau apa yang salah dengan diri kalian. Jika sudah tenang, barulah membuat skripsi yang akan mebuat dosen tersebut menjadi tertarik dan menerima skripsi kalian. Buat kalian yang berkali-kali ditolak dalam melamar pekerjaan, jangan putus asa dan jangan kecewa berat. Ada hal lain yang bisa membuat kalian menghasilkan uang dengan cara berbisnis minuman dan makanan, atau carilah website untuk menulis artikel yang bisa menghasilkan uang. Hehehe. Jadi, jangan menyerah dan jangan berpikiran untuk mengakhiri hidup. 

Teteaplah senantiasa bersyukur dengan apa yang dimiliki. Sumber: Istockphoto (Olga Beliaeva)
Teteaplah senantiasa bersyukur dengan apa yang dimiliki. Sumber: Istockphoto (Olga Beliaeva)

Saya dan kalian adalah manusia yang berharga di mata Tuhan. Dan Tuhan menciptakan saya dan kalian ini untuk suatu tujuan dan Tuhan mencipatakan saya dan kalian dengan porsi keberuntungan masing-masing. Tetaplah senantiasa bersyukur dengan karunia masing-masing dan hidup masing-masing. Semua orang juga memiliki beban hidup masing-masing dan juga keberuntungan masing. Tinggal bagaimana rasa syukur itu hadir dan singgah dalam hidup semua orang. Hidup itu memang keras dan hidup itu memang tidak adil, jadi haruslah terbiasa dengan hal tersebut dan tetaplah semangat dalam menjalani hidup ini. Syukurilah dan sayangilah hidup ini, maka kalian akan merasakan apa artinya menikmati hidup yang sesungguhnya. Tetaplah senantiasa berteman dengan Tuhan, mendekatkan diri kepada Tuhan, dan niscaya maka hidup kalian akan penuh berkat dan penuh dengan ucapan syukur. Sekali lagi, JANGAN MENYERAH dalam hidup dan TETAP SEMANGAT! God bless you all.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun