Mohon tunggu...
Marina Rizkyana
Marina Rizkyana Mohon Tunggu... Lainnya - Stay At Home Moms

Stay At Home Moms. Hobi membaca dan mendengarkan musik.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Soft Selling Dalam Pesona Kecantikan Ibu Negara Korea Selatan di KTT G20

16 November 2022   12:40 Diperbarui: 17 November 2022   08:05 292
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yg diselenggarakan di Bali pada tahun 2022 merupakan kesempatan emas bagi negara Korea Selatan untuk mendapatkan perhatian lebih dari publik. Khususnya untuk mendapatkan perhatian publik Indonesia, dimana tingkat perilaku konsumtif konsumen Indonesia terhadap produk dari negara Korea Selatan cukup tinggi selain itu Indonesia merupakan salah satu negara dengan penggemar K-Pop terbesar di dunia. Hal tersebut menjadikan moment KTT G20 ini moment emas yang harus dimanfaatkan dengan baik oleh negara Korea Selatan khususnya dalam hal Marketing. 

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Ibu Negara Korea Selatan Kim Keon Hee. Kedatangan Kim Keon Hee di KTT G20 di Bali seketika menyita perhatian publik dan netizen di media sosial, kemudian menjadikannya viral karena semua mata terpesona dengan kecantikannya.

Beliau terlihat sangat cantik dan awet muda seperti gadis diusia 20 tahun diusia beliau yang kini berusia 50 tahun. Kecantikan yg ditampilkan Kim Keon Hee tersebut merupakan teknik Soft Selling, disini beliau secara tersirat sedang mempromosikan salah satu keunggulan dari negaranya Korea Selatan yaitu perawatan tubuh dan kecantikan. 

Dilansir dari Skill Academy, Soft Selling adalah pendekatan penjualan dengan menggunakan bahasa yang halus dan teknik yang tidak agresif. Tujuan utamanya adalah agar konsumen menjadi penasaran dan tertarik untuk melihat iklan atau mengenal produk lebih lanjut sebelum akhirnya melakukan pembelian.

Laman Detik Finance juga memaparkan bahwa Soft selling bukan tentang bagaimana cara menjual produk dengan cepat, tetapi untuk meningkatkan brand awareness, memperkenalkan produk, dan menciptakan kepercayaan dari konsumen.

Melalui kecantikan yg ditampilkan oleh Kim Keon Hee, ada pesan tersirat yg sedang disampaikan negara Korea Selatan melalui Kim Keon Hee kepada publik bahwa inilah bukti istimewanya melakukan perawatan tubuh & kecantikan di Korea Selatan, produk-produk kecantikan dari Korea Selatan sangatlah recommended, bagus dan berkualitas.

Pada akhirnya tercapailah branding sudah bertahun-tahun dibangun oleh Korea Selatan yaitu Korea Selatan adalah negara terbaik untuk orang-orang yang ingin melakukan perawatan tubuh, serta memperbaiki penampilan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun