Mohon tunggu...
Marina grace Pasaribu
Marina grace Pasaribu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi universitas pamulang

Mahasiswi Universitas Pamulang, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Perkembangan Teknologi Pada Pendidikan

6 November 2024   22:46 Diperbarui: 6 November 2024   22:46 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

     Perkembangan akan selalu kita rasakan, apalagi di tengah pesatnya perkembangan digitalisasi. Apalagi di zaman sekarang kehidupan manusia yang serba praktis dengan adanya perkembangandigitalisasi. Dalam kehidupan manusia perkembangan digitalisasi sangatlah berkaitan, terutamaperkembangan teknologi, yang sangat berdampak dan bermanfaat untuk membantu bagi setiap aspekkehidupan manusia. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Digitalisasi adalah sebuah sistem digital yangdilakukan dengan cara pemberian atau pemakaian. Musnaini, Suherman, Wijoyo, & Indrawanmengungkapkan bahwa digital adalah sebuah metode yang kompleks dan fleksibel yang membuatnyamenjadi sesuatu yang pokok dalam kehidupan manusia. 

     Pemanfaatan teknologi memberi dampak di berbagai bidang kehidupan manusia terutama dibidang pendidikan, bidang ekonomi serta sosial dan budaya. Disini saya akan membahas perkembangan teknologiterhadap aspek pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu aspek yang paling yang paling berdampak oleh teknologi. Pendidikan adalah perubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Pendidikan merupakan proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia. Melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Menurut c. Ahmad D.Marimba, Pendidikan adalah bimbingan atau bimbingan secara sadar oleh pendidik terdapat perkembangan jasmani dan rohani terdidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama. Dengan tujuan pendidikan, menurut UU No. 2 Tahun 1985 adalah, untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia yang seutuhnya, yaitu bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, memiliki pengetahuan, sehat jasmani dan rohani, memiliki budi pekerti luhur, mandiri, kepribadian yang mantap, dan bertanggungjawab.

     Pada aspek pendidikan, disini teknologi digunakan dalam aspek seperti kurikulum,administrasi,media, metode dalam pendidikan, serta terutama memberi kemudahan kepada setiap pendidik dalam mengembangkan inovasi sistem pembelajaran yang menarik serta meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran. Tetapi dengan adanya perkembangan teknologi ini, kita juga harus pandai dalammenempatkan diri, dalam perkembangan teknologi ini memberikan banyak dampak positif, tetapi juga memberikan dampak negatif pula, yang kerap sekali dapat membuat kita terjerumus ke hal-hal yang tidak seharusnya. Maka dari itu kita juga harus mampu memilih mana yang baik untuk dilakukan atau diambil dalam perkembangan teknologi saat ini. Perkembangan digitalisasi membawa kita kepada kehidupan yang lebih efisien dan lebih praktis,serta bisa dibandingkan dengan kehidupan manusia sebelum adanya perkembangan digital. Tetapi kita juga harus lebih pandai dalam menggunakan kecanggihan digital sekarang, karena dalam perkembangan digital memberi banyak dampak berupa positif tetapi juga dengan dampak negatif.

Beberapa dampak positif diantaranya:

1. Adanya berbagai metode pembelajaran yang beragam

     Digital sangat bermanfaat bagi aspek pendidikan terutama dalam metode pembelajaran, dimana tenagapendidik bisa memberi atau membuat seperti media pembelajaran, yang membuat proses pembelajaran semakin menarik dan mudah juga dipahami. dan bukan hanya bagi pendidik saja, ini juga membuat siswa lebih berperan aktif serta dapat berpikir lebih kritis juga dalam proses pemecahan masalah.

2. Akses dalam pengelolaan administrasi

     Disini digitalisasi sangat berperan juga seperti dalam penginputan data-data siswa, baik kurikulum,penginputan nilai akan lebih mudah, cepat, dan lebih efisien serta dapat mengurangi penggunaan kertas(limbah), dengan menginput data di G-Drive atau google form.

3. Adanya media massa sebagai sumber belajar

     Dengan adanya perkembangan digital kita juga dapat mencari berbagai sumber belajar dari media massa, seperti materi. Media massa disini juga sangat berperan terutama bagi mahasiswa untuk lebih memperdalam materi pembelajaran, apalagi waktu belajar saat di kampus itu tidak banyak, mahasiswa harus lebih pandai dalam penggunaan teknologi yang serba praktis ini untuk hal-hal yang lebih baik. tetapi untuk anak dibawah umur sebaiknya diberi batas dalam penggunaan media massa karena mereka belum sepenuhnya matang dalam berpikir mana yang harus dilihat dalam media massa, ada baiknya anak di dampingi dalam penggunaan media massa.

4. Mendorong program "Merdeka Belajar" dari pemerintah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun