Mohon tunggu...
Maria Fransisca S.M Yasmin
Maria Fransisca S.M Yasmin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Mahasiswi ilmu komunikasi universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Film

2024: Akankah Industri Perfilman Indonesia Akan Lebih Baik?

27 Oktober 2024   23:58 Diperbarui: 28 Oktober 2024   00:12 48
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Film. Sumber ilustrasi: PEXELS/Martin Lopez

Industri film Indonesia saat ini semakin mengalami peningkatan pasca pandemi beberapa tahun silam yang mengakibatkan turunnya produksi dan minat akan dunia perfilman di Indonesia. Diperkirakan setidaknya ada kurang lebih 55 juta penonton pada tahun 2023 dan diharapkan akan berangsur meningkat pada tahun 2024 ini. Menurut perkiraan peneliti film Hikmat Darmawan akan terjadi kenaikan total penonton menjadi 60 juta orang, hal ini juga sejalan dengan banyaknya bermunculan film-film yang tidak kalah menarik dari tahun sebelumnya.

Pada tahun 2024 banyak film yang menyita perhatian penonton mulai dari genre komedi hingga horor. Genre komedi sekaligus horor yang menjadi perbincangan hangat tahun 2024 ialah film berjudul agak laen yang dibintangi oleh sederet komika tanah air. Film berjudul agak laen ini berhasil menembus 9,1 juta penonton sejak awal penayangannya.Selain film bergenre komedi yang banyak menjadi pilihan para penonton, film bergenre horor juga tak kalah peminat. Film bergenre horor berjudul Vina sebelum 7 hari juga mendapatkan banyak penonton sejak awal penayangan sejumlah 5,8 juta penonton.

Meskipun film bergenre horor di tahun 2024 tidak sebanyak tahun lalu, bukan berarti menurunnya kualitas perfilman Indonesia. Buktinya pada tahun 2024 ada beberapa judul film bergenre horor yang sempat menjadi trending perbincangan di media sosial terutama tik tok. Siksa kubur menjadi salah satu judul film horor yang sering menjadi perbincangan di tahun ini, pasalnya film garapan Joko Anwar ini menyajikan cerita yang tidak kalah menarik dan epiknya lagi sepanjang film penonton akan disajikan banyak jump scare dan sound efek yang menambah ketegangan alur film.

Namun ditengah kabar baiknya dunia perfilman Indonesia saat ini yang sedang naik, tidak bisa dipungkiri ada beberapa hal yang masih menjadi catatan tebal untuk industri perfilman Indonesia. Saat ini produksi film Indonesia mengalami penurunan dari tahun sebelumnya, pada tahun 2023 produksi film sangat memperhatikan kualitas dan kuantitas sehingga banyak film-film yang menarik perhatian publik. Saat ini banyak film yang kurang menunjukkan keseriusannya dan kurang eksploratif sehingga minat nonton juga berkurang, angka perkiraan kenaikan jumlah penonton mungkin akan sedikit lebih sulit dicapai di tahun ini jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Saat ini kemasifan penggunaan media sosial bisa menjadi salah satu celah untuk para produsen film dapat mengiklankan produk film terbarunya untuk menarik perhatian para penonton. Seperti yang kita ketahui bersama generasi muda sekarang lebih menyukai pemasaran produk melalui media sosial dengan alasan kemudahan dan kecepatan. Para produsen film saat ini kurang menggunakan wadah tersebut untuk melakukan promosi film sehingga kurang munculnya ke permukaan film-film terbaru yang akan tayang.

Secara keseluruhan produk film di tahun 2024 ini tidak kalah menarik untuk dibahas. Sederet aktor terkenal dipilih untuk memeriahkan industri perfilman Indonesia tahun 2024 seperti Putri Marino dan Nicholas Saputra dalam film The Architecture of Love. Adegan 2 aktor senior dalam film ini sangat mencuri perhatian pasalnya chemistry yang dibangun sangatlah kuat. Tak hanya itu dalam film berjudul catatan harian menantu sinting yang diperankan oleh Raditya Dika dan Ariel Tatum juga menarik perhatian publik, 2 karakter berbeda menjadi satu menjadikan peran Raditya Dika dalam film ini sangatlah epik dan patut diacungi jempol. Tidak hanya dapat memerankan peran komedi saja aktor kelahiran 1984 ini juga berhasil memerankan perannya sebagai seorang suami yang baik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun