Mohon tunggu...
Maria Manalu
Maria Manalu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Peran Paguyuban dalam Perkuliahan

9 Maret 2024   13:14 Diperbarui: 9 Maret 2024   13:15 41
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Pada masa awal perkuliahan tentunya banyak sekali hal-hal yang tentunya belum kita ketahui. Karena tentunya perkuliahan sangatlah jauh amat berbeda dengan persekolahan seperti SD,SMP ataupun SMA.

Apalagi jika kita memilih kuliah di luar provinsi atau pun kota kita sendiri, tentu banyak sekali perbedaan-perbedaan yang dapat kita rasakan di kota tempat kita merantau. Apalagi di perantauan sangatlah sulit untuk menemukan teman yang sefrekuensi dengan kita.  

Oleh karena itu dalam perantauan apalagi mahasiswa perlu adanya organisasi-organisasi baik dari luar kampus atau pun dari dalam kampus yang perlu untuk di ikuti. Ataupun paguyuban baik dari tempat tinggal kita berada atau dan lain sebagainya. Kenapa? Karena diperantaun kita tidak mengenal siapa-siapa. Apalagi pada saat kita membutuhkan pertolongan di saat-saat tertentu.

Oleh karena itu paguyuban dapat berperan sebagai tempat kita untuk berkumpul dan menemukan keluarga baru di perantauan, selain itu paguyuban juga bertujuan untuk mempermudah kita sebagai mahasiswa menemukan orang-orang yang berasal dari  daerah kita sendiri.Seperti saya ini, saya merupakan mahasiswa yang berasal dari Sumatera Utara yang merantau kuliah di Universitas Jambi. Di sini saya banyak menemukan teman-teman saya yang berasal dari tempat saya berada yaitu berkat dari paguyuban dari daerah saya yaitu Ikatan Mahasiswa Tapanuli Utara (Imataput Jambi).

Imataput ini merupakan keluarga saya di perantauan. Selain menjadi keluarga Imataput ini juga merupakan tempat saya mendapatkan informasi perkuliahan. Seperti informasi masuk perkuliahan ataupun beasiswa-beasiswa baik dari bank atau pun pemerintah. Selain itu paguyuban ini juga merupakan tempat saya untuk bersosialisasi dan menemukan hal-hal yang baru. Mulai dari bergai pengalaman perkuliahan dengan Kaka atau pun abang-abang senior. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun