Koneksi Antar Materi Modul 3.3 Pengelolaan Program yang berdampak pada murid
PENDAHULUAN
Diberikan beberapa pertanyaan pemantik agar memudahkan calon guru pengerak mengaitkan setiap modul yang sudah dipelajari sebelumnya.
Bagaimana perasaan Anda setelah mempelajari modul ini?
Sangat Senang karena banyak hal yang saya peroleh dari modul ini mengenai kepemimpinan murid.  Dimodul ini banyak hal yang saya dapatkan bahwa guru dan murid itu sebagai mitra atau memiliki hubungan keterkaitan. Hubungan kemitraaan ini berbentuk dukungan dan dorongan yang bertujuan membentuk kepemimpinan murid sesuai dengan kodratnya. Selama ini kita sebagai pendidik menjadi satu -satunya penentu kebijakan. Tanpa kita sadari  secara tidak langsung membiarkan murid terlena dengan apa yang dipilih atau ditentukan. Guru menjadi penentu keputusan yang terbaik menurut pikiran dan perasaannya. Guru merasa lebih mengetahui apa yang mejadi kebutuhan murid sehingga memudahkan dalam pengontrolan. Namun Pada kenyataan bahwa hal ini tidak serta merta membuat murid merasa bahagia dan nyaman dalam menjalankan /melaksanakan kegiatan tersebut. Murid merasa tidak memiliki hak dan tidak merasa bertanggungjawab terhadap akibat dari kegiatan tersebut. Setelah mempejari modul ini saya menyadari ada hak yang melekat dalam diri murid untuk dapat menentukan apa yang diinginkan. Untuk itu melalui modul ini, peran guru harus mulai melibatkan murid dalam proses pembelajaran. Keterlibatan mereka sangat menentukan majunya suatu pendidikan. Murid harus didiorong agar mulai berani menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri dan bukan objek dari suatu penentu kebijakan.Â
Apa intisari yang Anda dapatkan dari modul ini?
Banyak hal  penting yang diperoleh setelah mempelajari modul ini. . Secara tidak langsung ada praktik yang sudah saya lakukan dalam melibatkan murid  membuat dan memutuskan apa yang mesti mereka lakukan dalam suatu program atau kegiatan baik di  kelas maupun diluar kelas. Sebagai seorang pendidik saya sadar peran apa yang mesti saya lakukan yang berpihak kepada murid. Sebagai murid, ada  hak yang melekat dalam dirinya  untuk menentukan pilihan atas apa yang ingin mereka lakukan. Sejak mulai terlibat dalam program guru pengerak secara perlahan -lahan saya terus melakukan hal tersebut. Ternyata banyak hal positif yang saya dapatkan selama pembelajaran, bahwa guru adalah mitra dari murid. Sebagai mitra tugas guru terus mendorong terbentuknya kepemimpinan dalam diri murid. Peran pendidik menyiapkan lingkungan yang menumbuhkan budaya dimana murid memiliki suara, pilihan dan kepemilikan sesuai dengan apa yang mereka pikirkan,niat yang mereka tetapkan dan bagaimana merefleksikan tindakan mereka . Ketiga aspek ini memiliki peran yang saling berkaitan antara lain:Â
Suara /voice ini lebih kepada keaktifan atau partisipasi mereka selama proses pembelajaran sehingga murid memiliki kekuatan untuk mempengaruhi perubahan. Suara murid memberi kesempatan untuk berkolaborasi dan membuat keputusan.
Contoh : Sebagai guru mapel prakarya saya selalu melibatkan mereka dalam menentukan bahan apa yang bisa dijadikan ketrampilan disesuaikan dengan kondisi yang ada dilingkungan mereka
Pilihan/choice merupakan  peluang untuk memilih kesempatan dalam ranah sosial yaitu kesempatan berada dalam kelompok yang sesuai minat ,lingkungan yaitu murid memilih dan mengatur tempat belajar yang mendukung belajar maksimal  dan pembelajaran yaitu murid dapat mengakses,berlatih dan membuktikan penguasaan pengetahuan atau ketrampilan.Â
Contoh : Siswa terlibat dalam kelompok yang memudahkan mereka untuk belajar dan berkolaborasiÂ