Mohon tunggu...
Maria Kristi
Maria Kristi Mohon Tunggu... Dokter - .

Ibu empat orang anak yang menggunakan Kompasiana untuk belajar menulis.

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Membeli Tiket Kereta Online

18 Februari 2015   06:05 Diperbarui: 17 Juni 2015   10:59 178
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Minggu lalu saya berakhir pekan di kampung halaman. Pulang dengan naik kereta api. Berbeda dengan kesempatan-kesempatan sebelumnya dimana saya langsung membeli tiket kereta di stasiun. Alasan saya sederhana saja, tidak ada waktu untuk pergi ke stasiun. Kali ini saya mencoba membeli sendiri secara online di situs milik PT KAI. Setelah membuka situs https://tiket.kereta-api.co.id/ saya menemukan tampilan yang dapat diisi dengan tanggal pemberangkatan kereta yang kita inginkan. Tersedia pula pilihan tempat duduk jika tiket yang sebelumnya ditawarkan tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Seperti biasa saya memilih tempat duduk di dekat jendela. Ada perasaan senang yang tidak bisa dijelaskan jika duduk di samping jendela sekalipun perjalanan dilakukan di malam hari.

Setelah memilih tempat duduk dan jadwal kereta, kita dapat memilih cara pembayaran. Bisa dengan mesin ATM atau melalui berbagai layanan kartu kredit. Karena bukan pengguna kartu kredit, saya memilih cara pembayaran melalui ATM. Jangan lupa untuk mencatat kode booking yang ada di halaman tersebut.

Setelah membayar tiket tersebut, email konfirmasi akan dikirimkan ke alamat email yang kita isikan saat memesan tiket. Disarankan untuk mencetak halaman tersebut namun ternyata kita dapat pula hanya mencatat nomor kode booking yang tercetak merah. Kode booking ini berbeda dengan kode booking yang kita gunakan untuk membayar tiket di ATM. Kali ini kodenya jauh lebih singkat. Nantinya kode booking ini kita gunakan untuk mencetak sendiri tiket kita. Ya, saya tidak salah ketik: kita mencetak sendiri tiket kita.

[caption id="attachment_369476" align="aligncenter" width="300" caption="Tempat cetak tiket mandiri di stasiun "][/caption]

Terdapat tempat bertuliskan “Cetak Tiket Mandiri” di bagian luar stasiun. Stasiun yang saya datangi menyediakan dua komputer lengkap beserta printernya. Kita tinggal mengisikan kode booking kita, memastikan nama dan data yang tertera memang data milik kita, kemudian mencetak tiket dengan menekan kotak bertuliskan “ya” di layar. Kebetulan komputer yang kemarin saya gunakan menggunakan layar sentuh, jadi tidak disediakan tetikus di sana.

[caption id="attachment_369477" align="aligncenter" width="300" caption="Komputer dan printer yang disediakan untuk mencetak tiket."]

14241889942090590255
14241889942090590255
[/caption]

Tiket akan otomatis tercetak. Saran saya, jika membeli dalam rombongan, mungkin lebih baik jika tiap orang mencetak tiketnya sendiri sebab ada satu rombongan besar yang membuat antrean macet karena mereka harus membagikan tiket dengan cara memanggil satu per satu anggotanya. Di tengah keriuhan stasiun hal itu cukup mengganggu baik untuk anggota rombongan itu sendiri maupun untuk orang lain yang berusaha melintas. Jangan lupa menyiapkan KTP atau identitas lain saat akan memasuki stasiun karena petugas pemeriksa tiket akan menanyakan identitas Anda dan cukup memakan waktu jika belum menyiapkannya sebelumnya.

Nah, itulah sharing saya tentang pembelian tiket kereta api secara online. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun