Titan Tyra bersama sang suami Gaius Ong telah resmi membuka gerai coconut shake mereka bertajuk Mad Coco di Mall of Indonesia sejak 24 Juni lalu. Meski sukses menyedot atensi kaum muda lewat panjangnya antrean pembelian, Mad Coco tak lepas dari sorotan negatif. Mad Coco dituding plagiat produk serupa berbendera Mr Coconut asal Singapore mulai dari menu hingga mascot lucu sebagai embellishment mereka. Penasaran, saya meneliti langsung anggapan beberapa netizen ini. Soal menu, tak bisa dipungkiri memang ada beberapa nama menu mereka yang sama dengan Mr Coconut. What's wrong? Bahan dasar pembuatan minuman kan sejak dahulu ya itu-itu saja kan? Yang membedakan cuma inovasi teknik pengolahan dan kreativitas plattingnya. Dan menurut saya, sensasi rasa dari kedua brand ini beda. Secara tekstur kelapanya pun udah beda banget. Ya iyalah wong pake kelapa asli Indonesia yang walaupun di negri singa juga bisa tumbuh, tapi faktor geografis bisa membuat karakteristik buahnya pun berbeda. Kalau masalah recipe ya memang itu rahasia dapur mereka tapi selama dinilai oleh tim audit RnD dan HKI oke tanpa ada kesamaan, tidak jadi masalah kok. For me, I prefer drinking Mad Coco than Mr Coconut karena rasa kelapanya Indonesia banget and kelapa beneran not artificial. Lanjut soal mascot mereka nih yang gemes tapi bikin netizen ribut parah. Hmm maskot Mr Coconut benar-benar terinspirasi dari wujud asli kelapa muda berwarna hijau dengan tambahan ekspresi muka tersenyum sambil menjulurkan lidah diikuti gestur tangan keatas yang melambangkan kelapa segar nan nikmat bikin happy. Sedangkan Mad Coco menggunakan mangkok polkadot hijau beserta dua sedotan pink yang menggambarkan bagaimana cara masyarakat Indonesia menikmati kelapa. Terus walaupun sama-sama ekspresif, tapi maskot Mad Coco bisa dibilang 'agak nyeleneh' karena ekspresi marahnya itu lho. Marah kalo gak dikasih minuman favoritnya, si kelapa itu. Sama kayak kita-kita orang yang suka rese kalo lagi laper or haus kan? Nah, terus dimana letak plagiatnya duhai netizen yang budiman? Seperti kata pepatah populer pebisnis awal tuh mulai dari Amati, Tiru diakhiri dengan Modifikasi. Dan saya rasa, Titan sudah mencapai tahap modifikasi yang cukup kreatif dengan menambahkan sentuhan signature local product seperti di menu coconut durian shake dan yakult lime coconut. Yah mudah-mudahan abis ini netizen tercerahkan and jangan sampe udah ngejudge gini gitu eh ujung-ujungnya tetap beli produknya juga kan hihihi.
Ring The Alarm! SelebgramBaca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H