Mohon tunggu...
Maria Ayu
Maria Ayu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

sangat tertarik dengan konten Beauty dan Women Empowerment

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Semangat Woman Choice untuk Menginspirasi Perempuan dengan Memanfaatkan Media Sosial

8 Mei 2024   08:48 Diperbarui: 19 Mei 2024   13:21 127
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : sosial media Woman Choice

          Woman Choice merupakan komunitas pemberdayaan perempuan yang ada di Indonesia yang dibentuk pada 7 Maret 2022 oleh A. Bernika Putri Ramadani S.H. Woman Choice  memiliki 2 poin penting komitmen yang sesuai dengan SDGS ( Support Sustainable Development Goals) yakni tentang quality education, Woman Choice memberi dukungan dan perhatian kepada seluruh perempuan terutama untuk meningkatkan pendidikan dan kualitas diri dengan penuh keyakinan bahwa nantinya akan dapat memberikan dampak perubahan positif bagi lingkungan sekitar. Selain itu, komitmen yang dimiliki oleh Woman Choice ialah Gender equality, hal ini sangat menjadi perhatian bagi komunitas Woman Choice karena komunitas ingin supaya perempuan muda dapat percaya dan yakin pada potensi yang mereka miliki dan memberi dukungan kepada perempuan untuk menggapai mimpi serta mau untuk mengambil segala kesempatan yang ada melalui kegiatan yang ada di Woman Choice.

            Menariknya, Woman Choice memiliki misi yakni Self- Confident, Self Development, dan Empower woman. Lalu bagaimana sih komunitas Woman Choice merealisasikan misi-misi tersebut? Woman Choice memanfaatkan social media yakni dengan akun instagram @womanchoice__ dengan membuat feeds, reels, dan Instagram story yang menarik, variatif, dan informatif. Uniknya Woman Choice ini memiliki pallete warna yakni perbaduan ungu dan pink yang tentunya sangat menarik. Dengan waktu kurang lebih 2 tahun setelah dibentuk, Woman Choice telah memiliki lebih dari 16,6 ribu pengikut di Instagram. Melalui Instagram, Woman Choice sangat aktif untuk memberikan konten-konten yang bermanfaat yang bertujuan untuk mengedukasi dan ada pula tips-tips yang dibagikan melalui Instagram Women Choice.

            Let's Talk Girls merupakan nama kegiatan yang diusung oleh Woman Choice. Bentuk dari kegiatan ini sangat beragam mulai dari ada pertemuan secara online ( webinar), offline, dan juga pemanfaatan fitur live Instagram untuk selalu mengedukasi dan membagikan hal-hal positif kepada perempuan. Tidak hanya itu aja loh, terdapat pula program " First class program" dan menjalin kerjasama dengan nama program  "Womegazine" serta, membuat campaign untuk membangkitkan semangat Perempuan-perempuan. Program atau kegiatan yang dimiliki oleh Woman Choice selalu mengundanng narasumber yang sangat berpengalaman dibidangnya, sebagai contoh ialah Putri Indonesia 2023 yakni Farhana Nariswari, Putri Indonesia Kepulauan Riau 2022 yakni Salwa Rafila, dan masih banyak lagi narasumber yang sangat menginspirasi.  

            Melalui live instagramnya, Woman Choice mampu mendapatkan 500 lebih penonton dengan lebih dari 1000 perempuan teredukasi melalui program Let's Talk Girs. Dengan live instagram ini Woman Choice bersama dengan narasumber mampu berinteraksi dengan penonton yang ada. Program Womegazine merupakan program kolaborasi, pada 18 September 2022 Woman Choice bekerja sama dengan Vancelia Wiradjaja yakni Managing Director of Xing Fu Tang Indonesia. Vancelia Wiradjaja membagikan cerita-cerita yang mampu menginspirasi dan memberi semangat bagi seluruh perempuan, dan telah mencapai 7 ribu viewers dalam waktu kurang dari 5 hari. Tidak hanya itu, Women Choice juga pernah berkolaborasi dengan Cinnong ID yang merupakan brand lokal untuk perempuan.

            Program lainnya yang dilakukan secara online ialah First Class Program, yang mana Woman Choice ingin supaya perempuan-perempuan dapat mengikuti kegiatan Woman Choice dari mana pun itu. Kegiatan ini berupa webinar dengan berbagai macam tema, seperti personal branding, percaya diri, self development, dan masih banyak lagi acara yang sangat menarik. Kegiatan ini telah di ikuti oleh lebih dari 500 peserta. Dengan memanfaatkan media sosial, Woman Choice mampu menjalin kerjasama dengan berbagai macam brand seperti, Wardah, tavi, Instaperfect, LABORE, indosat, dan masih banyak lagi.

Woman Choice juga turut serta membuat campaign secara online sebagai bentuk dalam menjalankan visi dan misi yang Woman Choice miliki. Untuk mengapresiasi staff yang ada, Woman akan secara rutin memposting Best Staff setiap bulannya. Tidak hanya itu, Woman Choice juga memiliki program untuk para staff yakni Upgrading Class yang akan diadakan secara berkala dan secara online.

            Melalui intagram story, Woman Choice juga kerap kali berinteraksi dengan pengikutnya di instagram melalui fitur yang ada pada Instagram story seperti vote, polling, tanya jawab, dan juga tak jarang instastory take over oleh staff Woman Choice yang membagikan informasi dan cerita yang menarik.

            Dengan demikian dapat diketahui bahwa melalui media sosial, kita dapat terus menginspirasi dan dapat membagikan hal-hal positif kepada semua orang. Pemanfaatan media sosial juga sangat membantu komunitas untuk dapat merealisasikan program kerja yang dimiliki. Hal ini telah dibuktikan oleh Woman Choice, dengan memanfaatkan media sosial sebijak mungkin dan dengan semangat yang dimiliki untuk menginspirasi dan untuk meningkatkan kualitas diri khususnya perempuan melalui media sosial, Woman Choice telah mampu menginspirasi perempuan-perempuan Indonesia melalui program kerja yang ada. Dapat disimpulkan bahwa, media sosial sangat membantu komunitas-komunitas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun