Mohon tunggu...
Margareth Siregar
Margareth Siregar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

saya adalah Mahasiswa Sastra Inggris Universitas Kristen Indonesia hobi saya adalah : bermain piano, mendengarkan musik, menggambar dan melukis abstrak, membaca dan mengoleksi buku anak-anak, mengajar anak-anak, merenung dan refleksi diri

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Bagaimana Berharganya Buku Anak-anak yang Menginspirasi dan Memengaruhi Kehidupan Seorang Anak

9 Januari 2024   16:05 Diperbarui: 9 Januari 2024   18:30 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Apakah ada buku anak-anak yang pernah anda baca ketika kecil yang begitu mempengaruhi hidup anda?

sungguh luar biasa bagaimana sastra anak dapat memberikan dampak yang besar dan mendalam dalam kehidupan seseorang. 

seorang anak kecil yang terpengaruh dari buku yang dia baca dapat begitu menyentuh hati dan pikiran dia sehingga anak tersebut dapat terus mengingat hingga mengamalkan pelajaran makna yang dia dapat dari buku tersebut sepanjang perjalanan hidup dia.

Sastra Anak memainkan peran yang begitu penting dalam kehidupan seorang anak terutama ketika mereka sedang dalam masa perkembangan atau pertumbuhan dalam hidup mereka. anak-anak pasti akan selalu tertarik dengan gambar dan warna yang menunjukkan baik karakter atau latar belakang dalam buku yang membantu mereka mengerti dan menggambarkan imajinasi mereka, akan tetapi perlu kita garis bawahi, apakah kata-kata dalam buku tersebut yang mengandung makna penting dapat mempengaruhi cara berpikir dan cara pandang mereka dalam menjalani kehidupan ini sehingga dapat membawa mereka menjadi seorang yang unggul.

Sayapun ketika kecil seperti kebanyakan anak pada umumnya lebih suka menonton tv dan bermain dibanding membaca buku, tetapi saya memiliki satu ketertarikan unik yaitu saya suka pergi ke perpustakaan, jadi dari kecil semenjak sekolah dasar, maupun ke sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas hingga kuliah saya akan mencari dimana perpustakaan berada. sebenarnya ketika saya kecil saya bukanlah orang yang suka membaca buku, tetapi saya menyukai suasana perpustakaan yang tenang, sunyi, sepi sehingga memberikan sensasi kenyamanan sendiri bagi saya. lalu seperti kebanyakan anak juga pada umumnya saya lebih suka melihat gambar dan warna yang ada dalam buku dibandingkan tulisan yang begitu banyak.

 kalaupun saya membaca, saya akan membaca buku cerita pendek yang berisi sedikit tulisan. tetapi itu semua berubah ketika saya menemukan sebuah buku berjudul BOY : Tales of Childhood karya Roald Dahl, seorang penulis dan pengarang buku anak-anak keturunan Norwegia asal Inggris. 

buku itu sangat menginspirasi dan mengajarkan saya dalam banyak hal melalui pengalaman hidup dan sudut pandang sang penulis , juga membuat saya mulai suka membaca buku oleh karena saya menemukan genre (jenis) buku yang tepat dan sesuai dengan minat saya. yaitu Sastra Anak. Buku The Little Prince karya Antoine de Saint-Exupery asal Perancis juga sangat menginspirasi dan mengajarkan saya karena begitu banyak pelajaran-pelajaran dan pesan berharga dalam kehidupan.

Ketika seorang anak membaca buku-anak baik dan tepat, hal itu dapat membantu mereka dalam mengeksplorasi akan ide baru dan menjelajahi dunia yang belum terjangkau oleh mereka, apa yang mereka pelajari dalam buku tersebut juga membantu meningkatkan imajinasi dan pemikiran kreatif mereka serta memperluas pemahaman dan pengertian dan cara pandang mereka akan dunia di sekitarnya maupun yang belum mereka jangkau. melalui perkenalan akan berbagai macam karakter, membantu membangun rasa empati dalam diri mereka dan meningkatkan perenungan serta pemahaman moral yang mendalam.

Pengalaman yang penuh perhatian yang mereka dapatkan dari buku melalui kisah yang mengandung bagaimana sang karakter menemukan solusi dalam mengatasi masalahnya, bagaimana nilai-nilai dan pemahaman moral yang membantu membangun karakter mereka juga menjadi sumber kekuatan dalam pengetahuan yang memajukan mereka dalam hidup seiring mereka bertumbuh dewasa. hal ini memberikan mereka arti dalam mengimplementasikan hal baru dan nilai akan sesuatu dalam hidup.

Tetapi langkah pertama untuk membuka pintu akan dunia tersebut adalah dengan mau menginspirasi mereka dan mengarahkan mereka untuk menyukai membaca. oleh karena itu penting untuk menemukan dan memberikan buku yang tepat, sesuai dengan minat mereka akan tetapi juga berkualitas yang dapat memajukan mereka. sebagaimana saya menemukan minat baca saya bahkan menemukan jenis buku yang saya sukai karena saya menemukan buku yang tepat, hal itu juga menjadi tantangan bagi orangtua juga guru untuk menyediakan bacaan sastra yang tepat dan berkualitas.

Sungguh luar biasa bagaimana seorang penulis buku anak-anak dapat menciptakan sebuah cerita yang kreatif dan menaklukkan tantangan yang harus mereka hadapi yaitu dengan dapat menarik perhatian anak-anak untuk membaca bukunya, buku yang ditulis juga harus mengandung makna pelajaran yang mendalam nan penting juga dikemas secara sederhana sehingga dapat memenuhi tujuan utama seorang penulis yaitu pesan yang disampaikan dapat dimengerti oleh anak tersebut, sehingga seorang anak-anak dari umur yang sangat muda, dapat mempelajari begitu banyak pelajaran kehidupan yang begitu berharga dan dapat menginspirasi mereka bahkan mempengaruhi sepanjang perjalanan hidup mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun