produk dari Gichancy tersebut.
Perusahaan “Gichancy” ini merupakan perusahaan yang berasal dari Negara Tiongkok yang menjadikan Song Hye Kyo sebagai brand ambassador kecantikan. Foto yang diunggah Song Hye Kyo di Instagram tersebut bagian dari promosi kosmetik. Namun, foto yang dibagikan kepada 17 juta pengikut itu mendapatkan lebih dari 1,5 juta likes dan 13,638 akun Instagram juga terlihat mengomentari unggahan tersebut. Di foto tersebut Teknik promosi yang menggunakan Caption Bahasa Cina dengan kalimat “Juru bicara sampo dan perawatan rambut Gichancy Song Hye Kyo kemudian Aroma Menawan/ Sehalus Sutra”. Hal ini meyakinkan konsumen untuk membeliPerusahaan Whitelab merupakan brand lokal perawatan kulit. Meskipun baru beberapa tahun didirikan, whitelab berhasil menarik hati masyarakat Indonesia. Perusahaan ini menggandeng DIVA tanah air yaitu Bunga Citra Lestari sebagai brand ambassador. Dilansir dari Investor.id Whitelab memilih BCL karena memiliki karakter yang kuat, cantik, dan cocok untuk mewakili brand image whitelab tersebut. Postingan yang diupload di Instagram Bunga Citra Lestari tersebut mendapatkan 17 juta menyukai dan 155 komentar. Teknik yang digunakan dalam postingan tersebut dengan sebuah kalimat “Bunga Citra Lestari Brand Ambassador Whitelab.
Perbandingan dari kedua iklan tersebut pada Iklan yang pertama Gichancy Teknik marketing yang mereka pakai bekerja sama dengan Aktris terkenal di Korea maupun di negara lainnya yaitu Song Hye Kyo sebagai Brand Ambassador dari produk tersebut. Teknik yang kedua dengan menggunakan kualitas visual yang disajikan, seperti yang kita tahu bahwa Aktris Song Hye Kyo ini memiliki paras yang cantik. Kemudian, dengan menggunakan caption yang menarik seperti pada kalimat “Aroma Menawan/ Sehalus Sutra” tentu banyak yang menginginkan aroma dan kulit sehalus sutra setiap saat seperti Aktris ini.
Perbandingan yang kedua yaitu Iklan Whitelab yang menjadikan Seorang DIVA Bunga Citra Lestari sebagai Brand Ambassador sangat tepat karena Bunga Citra Lestar banyak dikenali oleh masyarakat Indonesia khususnya yang menyukai Skin Care. Pada postingan tersebut Caption yang menarik perhatian untuk konsumen dengan kalimat “Bunga Citra Lestari Brand Ambassador Whitelab” hal ini membuat konsumen yakin bahwa Bunga Citra Lestari juga menggunakan produk Whitelab sehari-hari.
Teori yang digunakan untuk menganalisis kedua iklan tersebut adalah Dramatisme. Dramatisme adalah teori yang dikembangkan oleh Kenneth Burke yang menggambarkan kehidupan manusia sebagai drama. Dramatisme melihat kehidupan sebagai panggung di mana manusia berperan sebagai aktor, melakukan tindakan dalam berbagai situasi, dan memiliki motif tertentu. Dapat kita lihat identifikasi karakeristik dramatisme pertama (Agen) Song Hye Kyo Dalam iklan Gichancy, dia adalah tokoh utama yang merepresentasikan kecantikan yang luar biasa dan menjadi juru bicara untuk produk perawatan rambut.
Sedangkan Bunga Citra Lestari Dia adalah tokoh sentral yang merepresentasikan karakter kuat dan kecantikan yang menjadi ikon Whitelab.kedua (Aksi) Posting foto Song Hye Kyo dengan rambut panjang dan kecantikan luar biasa dalam caption berbahasa Cina yang menggambarkan kelembutan dan keharuman yang menawan, memperkuat citra keanggunan dan kemewahan produk. Foto Bunga Citra Lestari dengan caption yang menegaskan perannya sebagai brand ambassador, menekankan karakter kuat yang cocok dengan citra produk perawatan kulit Whitelab. Ketiga, (Scene) yang dibuat adalah mengenai kecantikan yang sangat diidamkan oleh banyak orang, dengan produk-produk yang memberikan solusi atas masalah-masalah kecantikan yang dihadapi. Dan yang terakhir (Purporse)M enciptakan identifikasi dan koneksi emosional dengan audiens melalui citra tokoh terkenal yang diidolakan untuk mengaitkan keinginan akan kecantikan dengan produk yang dipromosikan.
dramatisme digunakan dengan menghadirkan tokoh terkenal yang memiliki karakteristik dan citra yang diinginkan oleh audiens untuk memperkuat hubungan emosional antara produk dan konsumen potensial. Hal ini membantu dalam menciptakan daya tarik yang kuat terhadap produk yang dipasarkan.
Daftar Pustaka
Littlejohn, Stephen W. 2002. Theories of human communication. Seventh edition. Belmont, USA: Wadsworth.