Dalam beberapa tahun terkahir ini terlihat bahwa perusahaan jasa pengiriman mengalami perkembangan yang sangat pesat, ditandai dengan munculnya berbagai bisnis pengiriman atau yang dikenal juga dengan jasa kurir. Apalagi dengan semakin maraknya situs belanja online dengan kata lain yaitu e-commerce, yang hampir mewarnai kehidupan saat ini menjadikan bisnis jasa pengiriman semakin dibutuhkan. Jasa pengiriman dibutuhkan untuk melakukan transaksi layanan pegantaran barang agar dikirimkan secara cepat sesuai dengan waktu yang diharapkan, ke tempat-tempat yang jauh bahkan susah dijangkau dengan kondisi barang dalam keadaan baik/utuh.
Ditengah maraknya perkembangan bisnis jasa pengiriman barang, JNE menjadi salah satu icon bisnis jasa kurir di Indonesia, yang terpercaya dan mampu bertahan hingga saat ini. Tahun ini JNE menduduki usia 3 Dekade membuktikan bahwa JNE tetap menjadi perhatian bagi saya pribadi, kebanyakan masyarakat dari kalangan atas, menengah, hingga bawah. Selama 30 tahun JNE melalui para ksatria dan Srikandinya, telah mengantarkan berbagai barang ke seluruh penjuru daerah di Indonesia. Kepuasan para custumer tetap terjaga dengan siap menerima kritikan dan masukan untuk kemudian berbenah diri agar selalu memberikan yang terbaik. Kepercayaan pelanggan tetap dipertahankan dengan selalu meningkatkan kualitas pelayanan dan terus menerus melakukan inovasi sesuai perkembangan zaman, serta menyesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan pelanggan-pelangganya.Sayapun pernah bahkan seringkali menggunakan jasa pengantaran barang, baik ketika melakukan transaksi belanja online, mengirimkan berkas penting, mengirimkan barang bantuan bagi korban bencana alam bersama organisasi, hingga mengirimkan barang/hadiah untuk keluarga yang jauh jarak tempat tinggalnya. JNE mampu mewujudkan dan memberikan pelayanan pengantaran sesuai yang diharapkan dan tidak mengecewakan. Ketika menggunakan jasa pengantaran barang/dokumen yang kami butuhkan tidak hanya cepat, barang yang dikirim ataupun diterima diharapkan dalam keadaan aman, dan tentunya harga pengiriman murah. Saya dapat mengirimkan barang/dokumen saya dengan tepat waktu dan barang yang saya pesan datang tanpa menunggu waktu yang sangat lama.
Peristiwa yang paling membekas diingatan saya dan benar-benar terjadi adalah ketika saya mengikuti tes CPNS pada tahun 2018, dimana setelah mendaftar online kami diharuskan mengirimkan berkas. Saya yang awalnya tidak berkeinginan untuk ikut, tiba-tiba ketika sudah hampir ditutupnya jadwal pendaftaran timbul keinginan untuk mendaftar setelah mendapat dorongan dari keluarga dan rekan-rekan kerja. Setelah menyelesaikan pendaftaran online dan mempersiapkan berkas-berkas persyaratan yang dimasukkan kedalam map, saya mendatangi tempat pengiriman. Sempat muncul rasa khawatir berkas saya tidak akan sampai karena waktunya, sambil berDo’a berkas saya kirimkan dengan mengambil pilihan paket express karena waktu pendaftaran tinggal 3 hari dengan jarak antar daerah dan ternyata biayanya sangat murah. Setelah mendapat informasi yang dikirim tersebut lolos, saya percaya bahwa berkas telah dikirimkan dengan tepat waktu dan aman. Bersyukur, kini setelah melalui tahap demi tahap seleksi hingga tes akhirnya saya dinyatakan lulus tes, tidak hanya memberikan kebahagiaan bagi saya pribadi, tapi juga membanggakan kedua orang tua, kebahagiaan bagi saudara, keluarga besar lainnya, serta kemudian dapat memberikan bagi orang-orang sekitar.
Silahturahmi dengan keluarga, saudara, ataupun kerabat mengalami kendala akibat adanya larangan keluar rumah apalagi melakukan perjalanan keluar daerah. Komunikasi kemudian dilakukan via online karena tidak dapat bertemu secara langsung. Untungnya dalam pemberlakuan PSBB ini pemerintah memberikan kelonggaran bagi para pelaku jasa pengiriman ataupun jasa kurir untuk tetap dapat beraktifitas dengan menaati standar protokol kesehatan yang telah ditentukan. Dengan adanya jasa pengiriman barang saya tetap dapat saling berkirim hadiah dengan sanak saudara yang jauh dengan aman, cepat dan pastinya murah. JNE sebagai perusahaan pengantaran barang yang sudah memiliki kredibilitas tinggi selama 30 tahun ini mampu merealisasikan harapan saya sesuai dengan taglinenya yaitu Connecting Happiness, artinya mengantarkan kebahagiaan.
Perasaan bahagia yang sesungguhnya adalah ketika kita dapat memberikan manfaat bagi sesama dan menolong orang yang membutuhkan. Berbagi dengan ketulusan akan memberikan perasaan bahagia bagi diri kita sendiri dan orang lain yang menerimanya. Didalam keadaan yang serba terbatas ini para satria dan srikandi pejuang pengantar paket menjadi jembatan kita untuk tetap dapat saling berbagi kebahagiaan untuk orang tua, saudara, ataupun keluarga yang jauh disana. Bahkan mereka juga dapat membantu kita mengantarkan kebahagiaan untuk sesama yang membutuhkan dan membantu para tenaga kesehatan dengan mengantarkan perlengkapan kesehatan yang mereka butuhkan. Terima kasih untuk mereka yang tetap bersemangat mengantarkan kebahagiaan untuk kami yang ‘Tetap di rumah aja’ untuk mematuhi anjuran pemerintah demi kebaikan bersama. Semoga para pengantar kebahagiaan ini selalu dalam keadaan sehat, sehingga dapat berkendara dengan aman, mengantarkan dengan cepat, selamat sampai tujuan, dan tentunya memberikan senyum kebahagiaan bagi penerima paket, seperti yang saya rasakan ^_^.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H