Mohon tunggu...
Mardi Jefri
Mardi Jefri Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Tech Enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Relevant Cost adalah

26 Juni 2022   19:15 Diperbarui: 10 Juli 2024   00:28 2023
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pengertian Biaya Relevan

  1. Prawironegoro dan Purwanti (2009:259) menyatakan, biaya relevan adalah biaya yang sering disebut
    juga biaya diferensial yaitu biaya yang berbeda-beda akibat adanya tingkat produksi yang berbeda yang
    mengakibatkan perbedaan biaya tetap. 
  2. Simamora (2012:220) menyatakan, biaya relevan (relevant
    cost) adalah biaya masa depan yang berbeda diantara alternatif-alternatif yang ada. Informasi relevan tergantung
    pada keputusan yang dibuat. 
  3. Hansen dan Mowen (2009:70) menyatakan bahwa, biaya relevan
    adalah biaya masa depan yang berbeda pada setiap alternatif. Semua keputusan berhubungan dengan masa
    depan sehingga hanya biaya masa depan yang dapat menjadi relevan dengan keputusan.

jadi dapat di simpulkan bahwasanya Biaya Relevan adalah pemilihan antara dua biaya atau lebih untuk di pertimbangkan dalam pengambilan sebuah keputusan

Contoh Relevant Cost

  1.  Avoidable Cost
    Biaya yang dapat dihilangkan seluruhnya atau Sebagian, apabila memilih salah satu alternatif dibandingkan alternatif alinnya
  2.  Opportunity Cost
    Biaya yang timbul karena manfaat yang dikorbankan akibat memilih salah satu alternatif dibandingkan alternatif lainnya

Situasi yang cocok menggunakan Relevant Cost

  1.  Make or Buy
    Ketika suatu perusahaan ingin menjual suatu produk, lalu perusahaan tersebut akan di hadapkan dalam 2 pilihan untuk mendapatkan produk tersebut yaitu membeli produk lalu di jual atau membuat produk baru di jual
  2.  Keep or Drop
    Perusahaan bisa menggunakan biaya relevan untuk memutuskan apakah produk yang telah tersedia di etalase toko tetap di jual atau di tarik peredaran produknya dari toko tersebut
  3.  Accept or Reject special order
    Untuk membuat keputusan menerima atau menolak pesanan spesial dari konsumen, karena produk dengan pesanan spesial pasti memiliki perbedaan dengan produk yang standard
  4.  Sell now or Process further
    Pilihan menjual produk sekarang atau memprosesnya lebih lanjut untuk mendapatkan pendapatan tambahan

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun