Mohon tunggu...
Mardani
Mardani Mohon Tunggu... Guru - Guru

Berkebun

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice (STAR) PPG Daljab 2023

3 Februari 2024   14:20 Diperbarui: 3 Februari 2024   14:25 221
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning metode Drill pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM Materi Teknik Pemograman Mesin Bubut CNC pada Siswa Kelas XI Pemesinan SMK YPPT GarutTahun Pelajaran 2023/2024

Nama : Mardani, S.Pd

Instansi : SMK YPPT Garut

Tujuan : Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM materi teknik pemograman mesin bubut CNC melalui model pembelajaran Discovery Learning metode Drill dengan penggunaan media CNC simulator

Situasi 

  • Latar Belakang Masalah

Kegiatan pembelajaran pada saat pembelajaran Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM materi teknik pemograman mesin bubut CNC di SMK YPPT Garut sampai saat ini belum menampakkan hasil yang maksimal. Tampak sekali hasil belajar siswa masih rendah (hanya 53% siswa yang mencapai batas kelulusan). Rendahnya hasil belajar siswa dapat diketahui setelah dilakukan pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung. Hal ini dapat terlihat pada saat pembelajaran berlangsung masih banyak siswa yang kesulitan dalam membuat pemograman bubut CNC dan tidak aktif dalam proses pembelajaran sehingga hanya mendengarkan materi dari guru, tanpa menunjukkan aktivitas yang berarti. Sedikit sekali siswa yang aktif, sedangkan yang lain bersikap pasif, kurang semangat, dan sulit berkonsentrasi sehingga suasana di dalam kelas terasa menoton dan membosankan menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM materi teknik pemograman mesin bubut CNC di SMK YPPT Garut ini disebabkan oleh berbagai faktor baik dari segi guru, siswa, kurikulum, maupun dari kelengkapan sarana dan prasarana. Dari segi guru disebabkan oleh pembelajaran yang masih didominasi oleh guru sebagai sumber utama dalam pembelajaran. Guru menjelaskan materi dengan menggunakan pembelajaran konvensional yaitu dengan metode ceramah dengan alasan klasik, kurangnya waktu dan sarana prasaran sehingga guru tidak kreatif menggunakan model pembelajaran yang inovatif.

  • Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah yang dikaji adalah "Apakah ada Peningkatan Hasil Belajar pada mata pelajaran Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM materi teknik pemograman mesin bubut CNC melalui model pembelajaran  Discovery Learning metode Drill dengan media CNC Simulator pada siswa kelas XI Pemesinan di SMK YPPT Garut Tahun Pelajaran 2023/2024?"

  • Tujuan Penelitian

Melihat kenyataan di atas menunjukkan bahwa pembelajaran Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM materi teknik pemograman mesin bubut CNC belum berhasil. Ini berarti, pembelajaran mempunyai masalah yang harus segera diatasi. Oleh karena itu, perlu dilakukan tindakan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa kelas XI Pemesinan SMK YPPT Garut. Untuk mengatasi masalah di atas maka perlu dipilih tindakan yang tepat untuk memberikan dampak langsung terhadap komponen-komponen pembelajaran. Sedangkan manfaat teoritis merupakan manfaat jangka panjang dalam pengembangan teori pembelajaran. Secara teoritis, hasil Best Practice ini dapat memberikan sumbangan pemikiran yang positif dalam ilmu pengetahuan di bidang pendidikan, khususnya dalam penerapan  model pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran Teknik Pemesinan NC/CNC dan CAM materi teknik pemograman mesin bubut CNC. Sedangkan manfaat bagi siswa mendapatkan pengalaman belajar secara langsung untuk menemukan sendiri, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan menyenangkan dan manfaat bagi guru Best Practice ini dapat dijadikan pengalaman baru bagi guru dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dalam menerapkan model pembelajaran Discovery Learning metode Drill

Tantangan

  • Kurangnya pemahaman guru menentukan model pembelajaran yang cocok dengan gaya belajar siswa
  • Sarana dan prasarana yang minim atau kurang dalam pembelajaran
  • Pembelajaran berlangsung masih banyak siswa hanya duduk diam atau pasif hanya mendengarkan penjelasan guru, tanpa menunjukkan aktivitas yang berarti.
  • Guru belum menggunakan berbagai model pembelajaran, guru terbiasa melakukan pembelajaran secara konvensional, pembelajaran masih berpusat pada guru.

Aksi

Langkah-langkah Metode dan Pelaksanaan dalam Penerapannya Model Discovery Learning metode Drill

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun