MY HOUSE CHORES MELALUI MODEL BASED LEARNINGÂ
DENGAN VIDEO MONOLOG DAN METODE DISKUSI
(JIGSAW) PADA KELAS VII SMPN 2 MERANGIN
MAHASISWA PPG DALJAB PROGRAM BAHASA INGGRIS 2023
Mardalena S.Pd
UNIVERSITAS JAMBI
Â
Penulis adalah seorang mahasiswa PPG Daljab dengan program studi Bahasa Inggris di Universitas Jambi tahun 2023. Penulis merupakan tenaga pendidik berstatus PNS di SMP Negri 2 Merangin, Kabupaten Merangin. Di saat penulis melakukan PPL sangat banyak pengalaman yang bisa dipetik, bisa mengubah mindset yang teacher centre. Pada PPL Daljab penulis di tuntut agar bisa membuat modul ajar berdasarkan problem yang ada di dalam kelas. Problem tersebut bisa berasal drai penulis sendiri (guru), peserta didik atau sarana dan prasarana.Â
Masalah yang di angkat dalam studi kasus ini adalah rendahnya keterampilan peserta didik pada reading skill. Penulis masih belum memiliki metode yang tepat  dalam pembelajaran. Diangkatnya topic tersebut karena dalam empat keterampilan dalam Bahasa Inggris salah satunya adalah bisa menambah rasa percaya diri peserta didik. Bahasa Inggris telah dan sering di pakai pada media sosial, iklan dan dilingkungan. Hal tersebut sangatlah penting dengan mengupayakan dalam pembelajaran di sekolah.
Saat pembelajaran sedang berlangsung penulis telah menkondisikan kebersihan kelas, alat yang akan dipakai, dan tatanan duduk peserta didik, ketertiban dan antusias peserta didik terlihat nyata. Kondisi tersebut membuat penulis terasa nyaman. Saat video monolog ditayangkan peserta didik menonton, menyimak, mendengar, merasa dan memirsa.Â
Ketika pengulangan membaca yang telah ditayankan pada video monolog terlihat peserta didik merasa kesulitan, maka penulis selaku guru mengulang bagi tiap kelompok masih belum tepat dalam bacaan membimbing dengan mengitari kelompok-kelompok peserta didik.Â