Mohon tunggu...
Marcellino Fredricho
Marcellino Fredricho Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa KKN R2 Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Fotografi

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Inovasi Pengembangan UMKM samiler & tahu bakso pada proses kemasan dan pemasaran produk

17 Januari 2025   13:31 Diperbarui: 17 Januari 2025   13:30 28
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Foto dikediaman UMKM samiler & tahu bakso 

Sub kelompok 4 ( Danang, Novia, Fionna, Marcellino, Berliannda ) Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang melakukan pengabdian Masyarakat atau KKN ( Kuliah Kerja Nyata ) tahun periode 2025 di Desa Bakalan Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto.

Industri makan dan minuman di Indonesia terus berkembang pesat, didorong oleh meningkatnya permintaan konsumen akan produk yang beragam dan berkualitas. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memainkan peran penting dalam memenuhi permintaan tersebut. Salah satu sektor UMKM yang potensial adalah industri makanan olahan, seperti produksi samiler dan tahu bakso. Namun, UMKM di Indonesia seringkali menghadapi berbagai tantangan, termasuk persaingan yang ketat, terbatasnya akses terhadap teknologi, dan kurangnya pengetahuan mengenai strategi pemasaran yang efektif. Salah satu tantangan utama yang dihadapi UMKM adalah dalam hal kemasan dan pemasaran produk. Kemasan yang menarik dan informatif serta strategi pemasaran yang tepat dapat meningkatkan daya tarik produk di mata konsumen dan meningkatkan penjualan. 

Hadirnya inovasi baru pada kemasan yang lebih modern dan lebih cepat saji dengan menerapkan pemasaran yang menekankan teknologi terbaru sehingga jangkauan pasar lebih luas dalam proses pemasaran. Kemasan menggunakan standing pouch dan vacuum ini dapat menjamin makanan yang diperjualkan lebih higienis dan lebih efisien dalam proses pengiriman sehigga konsumen tidak hanya dari wilayah Desa Bakalan tetapi juga dapat dikirimkan ke berbagai wilayah. Desain yang baru menjadi focus utama dalam menarik minat pembeli dari berbagai kalangan.

Proses pemasaran menggunakan marketplace berbasis Shopee yang ditujukan untuk konsumen dari beberapa kota dapat menikmati cemilan sehat dengan bahan alami dan proses yang sangat sederhana. Dengan adanya inovasi kemasan dan pemasaran yang lebih modern ini membuat para pengusaha dapat meningkatkan target pasar dan juga strategi bisnis yang lebih menguntungkan. Selain itu kami melakukan adanya pendampingan terhadap UMKM Samiler Aulia & Tahu Bakso untuk meningkatkan penjualan dan memberikan kemasan yang lebih modern sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM Samiler & Tahu Bakso Aulia di Desa Bakalan. Camilan Samiler & Tahu Bakso Aulia memiliki potensi berkembang pesat di pasar Nasional dengan adanya perkembangan konsumen yang lebih luas.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun