Mohon tunggu...
Maratus SholekhaAwalurizki
Maratus SholekhaAwalurizki Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

Saya lahir di tanah Jawa pada tahun 2001. Bertempat tinggal di daerah Malang, Jawa Timur. Menempuh pendidikan di Universitas Islam Malang. Hobby saya adalah memasak dan berkuliner.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Fun Learning untuk Anak Usia Dini di Masa Pandemi (Strategi pembelajaran yang Menyenangkan)

4 Juli 2021   21:01 Diperbarui: 4 Juli 2021   21:21 1496
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Abstrak: Artikel ini membahas tentang kiat-kiat untuk menerapkan metode baru dalam pendidikan untuk membantu anak usia dini belajar dengan baik akibat pandemi. Dampak tersebut secara tidak langsung menuntut seorang guru serta orang tua untuk merancang kreativitas dalam mengajar agar si anak merasa nyaman ketika masih belum bisa melaksanakan tatap muka. Ada cara lain yang dapat dilakukan oleh setiap orang, agar pembelajaran bisa lebih menyenangkan, dibuatlah sebuah metode baru yaitu fun learning untuk anak usia dini di masa pandemi. Tujuan dari metode pembelajaran seperti ini juga untuk meningkatkan proses belajar yang menumbuhkan semangat dan perasaan senang dari support orang tua maupun support dari seorang guru.

Kata kunci: Pendidikan, strategi pembelajaran, anak-anak, masa pandemi.

PENDAHULUAN

Pendidikan merupakan suatu hal yang cukup penting bagi setiap warga Indonesia, karena pendidikan juga termasuk kunci keberhasilan. Salah satu hal penting dalam pendidikan yang bermutu adalah proses pembelajaran berupa keefektifan di masa pandemi saat ini. Pembelajaran yang dilakukan pada masa pandemi adalah untuk mengarahkan proses pembelajaran yang menyenangkan sehingga memperoleh tujuan pembelajaran yang diharapkan bagi setiap orang tua. Pembelajaran menyenangkan dapat diartikan sebagai sumber perhatian anak, sehingga saat pembelajaran berlangsung, anak tidak merasa cepat bosan. Jika suasana menyenangkan dan berkesan,  maka akan menarik minat anak secara aktif.

Selama masa pandemi covid 19, seluruh Indonesia diharuskan untuk mengikuti pembelajaran secara daring,  namun banyak orang tua belum mengetahui cara mengajar yang efektif bagi anaknya ketika belajar dari rumah. Selama pandemi, banyak orang tua yang mengalami kesulitan dalam membimbing sang anak, khususnya pada jenjang Taman Kanak-Kanak hingga Sekolah Dasar, hal ini dikarenakan minimnya koordinasi dari guru kepada orang tua si anak. Di usia Taman Kanak-Kanak sampai Sekolah Dasar peran orang tua sangat penting ketika belajar di rumah. Maka dari itu orang tua harus bisa membimbing anaknya dengan baik, hal ini bisa dilakukan dengan memberikan berbagai tips yang menyenangkan untuk sang anak agar dapat melaksanakan proses pembelajaran yang maksimal.

PEMBAHASAN

Fun learning adalah sebuah kegiatan pembelajaran yang bersifat menyenangkan. Disebut menyenangkan karena dalam metode ini para anak tidak hanya disuguhi materi-materi dalam pelajaran, namun juga diiringi dengan permainan. Pada jenjang pendidikan Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar, metode ini bertujuan untuk mendidik anak dengan cara bermain dan belajar agar mereka tidak cepat merasa bosan ketika pembelajaran sedang berlangsung dan mampu mempengaruhi anak untuk lebih atentif dan mau terlibat dalam proses belajar.

Di masa pandemi seperti ini, fun learning sangat cocok digunakan sebagai metode pembelajaran di rumah. Orang tua bisa meningkatkan tingkat kreativitas mereka untuk membimbing sang anak, selain itu metode ini memberikan waktu untuk orang tua dan anak melakukan sebuah kegiatan bersama-sama.

Pada masa seperti ini, tugas yang diberikan oleh guru terasa lebih banyak, tak heran jika banyak orang tua yang mengeluhkan tentang hal ini karena merasa kewalahan. Terkadang orang tua juga mendorong anak terlalu keras untuk mengerjakan tugas yang mereka dapat tanpa membantu kesulitan para anak. Hal ini akan menyebabkan anak-anak semakin malas dan bosan ketika belajar. Maka dari itulah, perlu diadakannya musyawarah antara guru dengan orang tua untuk melakukan strategi pembelajaran fun learning agar masa belajar anak di rumah tetap efektif dan kondusif.

Konsep fun learning dapat diciptakan dengan cara yang bervariasi. Misalnya, lingkungan warna-warni, pembawaan orang tua yang menyenangkan dan santai, dan lain-lain. Karena proses pembelajaran bukanlah kepentingan guru atau orang tua, tetapi kepentingan anak yang harus diprioritaskan terlebih dahulu, tugas guru atau orang tua adalah sebagai fasilitator kebutuhan anak tentang hal yang sangat disukai dan membantu menumbuhkan minat belajar bagi anak.

Dampaknya juga akan terlihat, anak akan jauh lebih senang saat dalam proses pembelajaran. Jika guru atau orang tua bisa menjadi motivator yang baik, maka hal ini akan memudahkan mereka untuk memahami keinginan sang anak, sehingga konsep pembelajaran fun learning di masa pandemi ini dapat berjalan dengan baik serta akan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dari orang tua untuk sang anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun